Pilkada Serentak, BI Pastikan Perputaran Uang Aman


SUARAKENDARI.COM, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar di tujuh kabupaten yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra) pada tanggal 9 Desember 2015 membuat pihak Bank Indonesia (BI) harus mempersiapkan diri juga. Pasalnya, dalam penyelenggaraan Pilkada biasa juga terjadi Money Politik atau yang lebih dikenal dengan politik uang.

Menanggapi hal tersebut, LM Bahtiar Zaadi selaku Deputi Kepala Perwakilan Bidang Sistem Pembayaran dan Manajemen Interen Bank Indonesia Perwakilan Sultra mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai antisipasi termasuk untuk ketersediaan uang.

“Biasanya kami di BI sudah melakukan estimasi perputaran uang yang akan terjadi selama satu tahun, mulai dari pembangunan, perputaran ekonomi termasuk pilkada, tidak perlu khawatir,” katanya, Selasa (8/12/2015).

Berdasarkan estimasi yang dilakukan oleh pihak BI, besarnya perputaran uang yang akan terjadi dalam bulan Desember ini berkisar sekitar kurang lebih 600 Miliar.

“Posisi kas yang ada di BI saat ini yakni sebesar 156 persen dari saldo minimum yang ada saat ini, sementara saldo minimum kami yakni sebesar 528 Miliar, jadi akan memenuhi estimasi pengeluaaran yang hanya berkisar 600 Miliar,” tukasnya.

Menurutnya, pengeluaran terbesar yang biasa terjadi yakni saat menghadapi Hari Raya Idul Fitri. “Kenapa Idul Fitri karena pada hari itu biasanya seluruh karyawan menerima Tunjangan Hari Raya (THR) jadi gajinya dua kali lipat, berbeda dengan hari-hari lainnya,” tutupnya. (LINA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *