Pilkada, PAN Belum Tetapkan Calon Bupati untuk Konkep

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dilakukan di tujuh kabupaten yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra) membuat semua partai politik segera menentukan siapa yang akan diusung dalam pesta demokrasi lima tahun sekali itu.

Abdurrahman Shaleh, selaku Ketua Desk Pilkada DPW PAN Sultra, mengatakan bahwa untk Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), belum ada calon yang diusung, masih menunggu hasil survei.

“Untuk Konkep akan dikumpul dulu semuanya, kita akan survei elektabilitasnya, calon yang menempati urutan pertama akan kita usung sebagai 01, sementara calon yang elektabilitasnya berada pada urutan kedua maka akan tampil sebagai 02,” jelasnya, Selasa (23/06/2015).

Dikatakannya bahwa sesuai dengan mekanisme yang ada dipartai ini, semua calon yang akan menggunakan pintu PAN harus bersedia untuk disurvei dengan memilih JSI sebagai lembaga survei yang telah dipercaya.

Hal menarik lainnya, semua calon yang sudah mendaftar di partai ini, sama-sama mengumpulkan uang untuk membayar survei, setelah ditetapkan siapa yang elektabilitasnya paling tinggi, maka yang bersangkutan yang akan menggantikan dana dari calon lainnya yang telah digunakan untuk survei.

“Biar tidak berat, jadi langkah awal patungan dulu, kalau sudah ada hasil survei baru yang paling tinggi elektabilitasnya otomatis yang kita pilih, dia yang akan mengganti dana teman-teman yang lain,” tuturnya.

Ia juga menegaskan bahwa untuk menjaga nama partai, pihaknya tidak pernah memihak kepada satu calon, melainkan selalu melihat hasil survei. Dimana hasil survei itu sendiri dilakukan dengan masyarakat langsung sehingga secara otomatis calon yang diusung bukan hanya pilihan PAN, melainkan pilihan masyarakat langsung. (LINA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *