Pilkada Konut Terancam Ditunda

Suarakendari.com- KPU Sulawesi Tenggara sedikit naik tensi akibat Pilkada Kabupaten Konawe Utara terancam ditunda. Pasalnya, dari anggaran yang diajukan oleh KPUD Konsel sebesar Rp 15,94 miliar, DPRD Konut mematok dengan menetapkan anggaran pelaksanaan Pilkada Konut tahun 2015 sebesar Rp 12 miliar saja.

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah, saat ditemui di Kendari, Jumat (18/9) mengatakan, dari informasi yang diberikan oleh KPUD Konut, KPU Sultra kemudian mengarahkan kepada KPUD Konut bahkan mengimbau kepada daerah lainnya yang akan menggelar Pilkada 9 Desember 2015 nanti, agar melaporkan kepada KPU Sultra siapa saja baik legislatif maupun kepala daerah yang hendak menghambat kesuksesan dari Pilkada ini, dan KPU Sultra akan melanjutkannya ke Mendagri.

“Kalau sampai Pilkada ini ditunda, yang dirugikan adalah masyarakat dan pasangan calon. Kalau sudah begitu, siapa yang harus bertanggung jawab soal pemangkasan anggaran yang bisa menghambat kesuksesan tahapan Pilkada nanti? Perlu diketahui bahwa KPU Kabupaten/Kota menyerahkan NPHD ini ke Pemda, bukan ke DPRD,” tegasnya.

Dirinya juga menerangkan bahwa, dalam Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang telah diserahkan ke Pemerintah daerah, sudah sesuai dengan segala tahapan yang akan dilakukan KPU Kabupaten/Kota. Hal ini juga telah diatur dalam Permendagri Nomor 51/2015 tentang Pengelolaan Dana Kegiatan Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota dan Peraturan KPU Nomor 2/2015 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

“Kami masih menunggu sampai dua hari ke depan. Jika tidak ada solusi yang diberikan baik Pemda maupun Legislatif, maka KPU Sultra akan merekomendasikannya ke Mendagri,” tegasnya.

Dari laporan KPUD Konut ke KPU Sultra, alokasi anggaran yang ditetapkan DPRD Kabupaten Konut yakni sebesar Rp 12 miliar. Bagi KPUD Konut merasa dengan anggaran tersebut, tidak mampu membiayai beberapa tahapan penyelengaraan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Konut, dari bulan November hingga Desember.

Pada pembahasan anggaran Pilkada Konut bersama DPRD Konut pada 14/9/2015, pihaknya mengajukan anggaran sebesar Rp 15,94 miliar. Dengan jumlah tersebut diperuntukkan untuk membiayai tahapan Pilkada hingga Desember. Namun dalam prosesnya, DPRD Konut mematok dengan menetapkan anggaran pelaksanaan Pilkada Konut tahun 2015 sebesar Rp 12 miliar saja. (Arn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *