Connect with us

Pelajar Sultra Tunjukkan Keahlianya di LKS Nasional

Suara Pendidikan

Pelajar Sultra Tunjukkan Keahlianya di LKS Nasional

PALEMBANG, SUARAKENDARI.COM- Ratusan peserta Lomba Kompetensi Siswa (LKS) untuk SMK tingkat nasional, Rabu (20/8/2014) mulai menunjukkan kebolehannya di Jakabaring Sporty City, Palembang, Sumatera Selatan.

Bencana alam yang diakibatkan oleh kerusakan lingkungan di Indonesia menjadi tema lukisan para peserta lomba melukis (Painting). Panitia LKS pada lomba melukis mengangkat tema “Bencana Alam, darimu aku merasakan, darimu aku memahami, darimu aku merefleksikan dalam karya lukisku”. Para peserta diberi waktu selama 20 jam, mulai dari persiapan peralatan, melukis dan tes wawancara atau mempresentasikan lukisan yang dibuat.

Peserta lomba melukis dari Sulawesi Tenggara diwakili Gina Sarifah Haryani, siswa SMK 4 Kendari. Ia melukisannya kondisi hutan yang tengah terbakar.
“ Kebakaran hutan baik hutan lindung dan hutan produksi menjadi ancaman bencana alam di Indonesia, dia terinspirasi kerusakan hutan menyebabkan rusaknya alam. Baik itu disebabkan oleh pembukaan lahan untuk tambang maupun perkebunan sawit oleh perusahaan,” tutur Basri, salah seorang guru pendamping dari SMK 4 Kendari, Rabu (20/8/2013) di arena lomba.

Menurutnya, kerusakan hutan akibat pembakaran dan illegal logging bias menggangu ekosistem lainnya. Sehingga butuh keterlibatan semua pihak guna melestarikan hutan.

“ Kami pihak sekolah melakukan pembinaan dengan memberikan bahan dan alat untuk persiapan menghadapi lomba. Siswa itu diseleksi ditingkat Provinsi untuk mewakili Sultra di LKS di Palembang,” katanya.

Sementara itu, siswa SMK 3 Kolaka mewakili Sultra pada lomba Nautica atau perkapalan. Sebelumnya LKS tahun lalu yang dilaksanakan di Semarang, lomba ini diwakili siswa SMK 2 Baubau. Pada LKS kali ada 21 lomba yang diikuti, pihak Dikbud Sultra mengandalkan dua mata lomba yakni lomba seni lukis dan nautical. Pasalnya dalam setiap LKS, Sultra selalu masuk sepuluh besar.

Untuk lomba memasak panitia menyiapkan lokasi dii SMK 5 Palembang. Pada lomba ini hanya ada 26 provinsi yang ikut.

Kepala seksi pembinaan Dikbud Sultra Andi Asnawati Achmad menjelaskan, LKS bertujuan untuk memantau peta kualitas dan kemampuan SMK seluruh Indonesia sebagai potensi local sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

“ Mempromosikan Keterampilan peserta didik SMK bidang semua bidang kepada masyarakat sebagai pengisi tenaga kerja professional,” katanya di Palembang.

Selain itu, memberikan kesempatan dan motivasi kepada peserta didik berkompetisi secara positif, terbuka untuk menumbuhkan kebanggaan pada bidang keahlian yang ditekuni, juga kebanggan bagi sekolah dan daerah. KIKI

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Suara Pendidikan

To Top