Connect with us

Perusahaan Wajib Bayar Gaji Sesuai UMP

Metro

Perusahaan Wajib Bayar Gaji Sesuai UMP

 

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Adanya keputusan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang telah menaikkan Upah Minimum Provinsi (UMP) menjadi Rp. 1.652.000,- yang akan mulai diberlakukan 1 Januari 2015 mendatang membuat perusahaan harus mengikuti aturan tersebut.

Makner Sinaga selaku Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenaga Kerjaan, menuturkan jika seluruh perusahaan harus mengikuti kenaikan UMP dalam membayar gaji karyawannya.

“Sudah diputuskan untuk menaikkan UMP, jadi semua perusahaan harus mengikuti kenaikan tersebut untuk memenuhi kesejahteraan masyarakat, tidak ada lagi alasan bagi perusahaan yang tidak memberlakukan keputusan tersebut,” tegasnya.

Dikatakannya, jika ada perusahaan yang belum mampu untuk melakukan penyesuaian upah terhadap keputusan pemerintah maka harus mengajukan penangguhan sepuluh hari sebelum diberlakukannya keputusan tersebut.

“Ada kebijakan yang kami berikan kalau perusahaan belum mampu menyesuaikan upah sesuai dengan kenaikan, namun harus melalui musyawarah dengan karyawannya, jika disepakati bersama, harus juga melampirkan kondisi keuangan perusahaan,” jelasnya.

Ia berharap agar seluruh elemen masyarakat sama-sama melakukan pengawasan terhadap perusahaan jika masih ada perusahaan yang tidak membayar upah sesuai dengan UMP, maka dilaporkan untuk kemudian diberikan teguran dan sanksi. (LINA)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top