Perusahaan Tambang Ingkar Janji, Warga Protes

Warga Palang Jalan PT Trias Jaya Agung

BOMBANA,SUARAKENDARI.COM-Puluhan warga Kabaena Kabupaten Bombana, memalang jalan lintas (houling) PT. Trias Jaya Agung di Kelurahan Rahampuu Kecamatan Kabaena Senin, (25/5)

Warga kesal akibat Perusahaan Nikel tersebut, belum melunasi sejumlah tunggakan kepada masyarakat. Diantaranya, tidak melunasi penggunaan lahan masyarakat, janji dana kopensasi pemanfaatan tanah ulayat yang tak kunjung diwujudkan, hingga pembongkaran fasilitas umum berupa jalan padat karya masyarakat yang diambil alih oleh kepentingan perusahaan.

Kesal dengan janji kosong tersebut, puluhan masyarakat yang menamakan diri Aliansi Masyarakat Kabaena bersatu, turun kejalan. Mereka berdemonstrasi menentang keberadaan PT Trias. Masa berorasi disepanjang jalan poros Kecamatan Kabaena dan Kabaena Barat sambil mengecam janji kosong PT Trias.

“Masyarakat kami, jangan dibodohi secara terus menerus. Perusahaan jangan cuma pintar obral janji. Masyarakat jangan dianggap boneka. Sejak hadirnya perusahaan, bukan meningkatkan kesejahteraan justru membawah malapetaka,” teriak Aziar koordinator demostran

Sebagai bentuk protes, warga langsung memalang jalan houling PT Trias dengan sejumlah batang Pohon kelapa. “Jalan ini layak ditutup. Banyak lahan masyarakat tidak dibayar oleh perusahaan. Ini merupakan pembodohan yang tidak bisa ditolelir lagi,” ungkap awaluddin pendemo lainnya.

Sebelumnya, pendemo sempat mendatangi Kantor Kecamatan Kabaena. Namun sayang, tidak satupun pihak kecamatan yang ditemui. Tak puas dikantor camat, masa lalu bergerak ke Kantor kelurahan.

Meski ditemui langsung oleh Mohamad Amin, Lurah Teomokole, namun jawaban lurah tidak memberi jaminan kepastian. “Apa yang jadi tuntutan ini, akan saya sampaikan jika pak camat datang, saya cuma lurah disini” pungkas Mohamad Amin kepada demostran.

Masa langsung bergerak ke lokasi perusahaan Nikel PT Timah investasi Mineral di Kecamatan Kabaena Barat. Diperusahaan rekanan PT Trias ini, Masa meminta agar PT Timah memutus kontrak kerja sama dengan PT Trias yang terbukti membohongi masyarakat. (DAR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *