Connect with us

Permohonan Ditolak MA, Ihklas Muhammad Dijatuhi Hukuman 8 Tahun Penjara

Uncategorized

Permohonan Ditolak MA, Ihklas Muhammad Dijatuhi Hukuman 8 Tahun Penjara

RAHA, SUARAKENDARI.COM-Masih segar dalam ingatan kita kasus pembunuhan yang dilakukan Sekum PAN Kabupaten Muna Ihklas Muhammad terhadap rekannya La Ode Alimuddin Kunsi yang terjadi awal tahun lalu, di Kantor PAN Kabupaten Muna. Atas perbuatannya, Ikhlas dituntut oleh JPU Kejari Raha 10 tahun pidana penjara dengan jeratan pasal pembunuhan (pasal 338).

Oleh PN Raha tersangka akhirnya dijatuhi hukuman 8 tahun penjara. Namun dalam tingkat banding di Pengadilan Tinggi Sultra, hukuman terdakwa cuma dijatuhi 5 tahun pidana penjara dengan jeratan pasal 351 ayat 3 ( penganiyaan yang menyebabkan matinya seseorang red).

Tidak puas dengan vonis yang dijatuhkan Pengadilan Tinggi Sultra, JPU La Ode Musril, SH cs mengajukan kasasi ke Mahkama Agung. Hasilnya MA mengabulkan permohonan JPU Kejari Raha dan menjatuhkan vonis pada LM Ihklas Muhammad 8 tahun pidana penjara. MA menjerat terdakwa dengan pasal pembunuhan ( 338 red). Putusan ini tertuang dalam amar putusannya bernomor no 570/ K/ PID /2014 yang diputuskan oleh Ketua Majelis Hakim MA Dr, Sahman Luthan, SH.MH, serta dua hakim anggota yaitu Dr, H M Syarifuddin, SH, MH, dan Dr.H. Margono, SH,M.Hum,MM,

“Putusan terpidana LM Ihklas Muhammad dari MA sudah kita terima minggu lalu. Kita kasasi atas putusan Pengadilan Tinggi Kendari yang menjatuhkan vonis terhadap terpidana cuma 5 tahun, lebih rendah dari putusan PN Raha yang memvonis terpidana 8 tahun penjara. Kasasi kita diterima MA, sedangkan permohonan terpidana ditolak. Terpidana dijerat pasal 338 ( pembunuhan) oleh MA. Kita akan segera melaksanakan putusan tersebut dan segera mengeksekusi terpidana. Dengan adanya putusan MA ini, maka yang bersangkutan tidak lagi berstatus tahanan, tapi terpidana,” ujar La Ode Musril, SH JPU Kejari Raha pada media ini Senin (21/7). ( TRI )

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top