Perempuan dan Strategi Ketahanan Pangan

SUARAKENDARI.COM-Perempuan punya peran strategis  dalam usaha memperkokoh ketahanan pangan. Untuk itu perlu peningkatkan kemampuan dan keterampilan kaum perempuan untuk dapat mengembangkan program kawasan rumah pangan lestari.

Peran strategis inilah yang menjadi fokus Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provinsi Sulawesi Tenggara terus mengembangkan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) guna mendukung dan menunjang ekonomi keluarga di daerah itu.

“Program KRPL harus terus dikembangkan. Kader kelompok tani wanita (KWT) sangat berperan pada kesuksesan program ini. “Jika program ini dikelola dengan baik dapat meningkatkan ketersediaan pangan dan daya beli petani,”,” kata kepala BKP Sultra, Yesna Suarni, di Kendari, Sabtu.

Ditegaskan, optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui upaya pemberdayaan wanita untuk mengoptimalkan manfaat pekarangan sebagai sumber pangan keluarga.

“Upaya ini dilakukan dengan membudidayakan berbagai jenis tanaman sesuai dengan kebutuhan keluarga seperti aneka umbi, sayuran, buah serta budidaya ternak dan ikan sebagai tambahan untuk ketersediaan sumber karbohidrat, vitamin, mineral, protein bagi keluarga pada suatu lokasi,” kata dia.

Harapan pemerintah katanya, akan dapat terbentuk sebuah kawasan yang kaya akan sumber pangan yang diproduksi sendiri di kawasan tersebut dari optimalisasi pekarangan.

“Pendekatan pembangunan seperti itu dilakukan dengan mengembangkan pertanian berkelanjutan antara lain dengan membangun kebun bibit dan mengutamakan sumber daya lokal disertai dengan pemanfaatan pengetahuan lokal. Sehingga kelestarian alam pun tetap terjaga,” katanya. SK/AN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *