Perda Perlindungan Masyarakat Adat Dinilai Langkah Fenomenal

0

SUARAAKENDARI.COM-Meski dinilai masih jauh dari harapaan dan perfektif HAM, produk Peraturan Daerah (Perda) No 4 tahun 2015 tentang pengakuan, perlindungan dan pemberdayaan masyarakat Adat Moronene Hukaea Laea di Bombana dianggap sebagai langkah awal yang fenomenal.

Hal ini disampaikan Toman PS, dari Kantor Wilayah Humum dan HAM Sulawesi Tenggara saat sosialisasi  Peraturan Daerah (Perda) No 4 tahun 2015 di Bombana, awal Desember 2015 lalu.

“Perda ini menjadi langkah awal yang fenomenal, karena faktanya ada beberapa daerah yang belum membuat perda seperti ini, tapi masih menjadi bagian hukum nasional,”katan Toman.

Selain produk perda, lanjut dia, juga harus diikuti dengan langkah-langkah berikutnya seperti adanya peraturan bupati. “Jadi perda itu nantinya tidak sekedar menjadi “macan ompong” yang tidak bisa diaktualisasikan atau dilaksanakan, karena bertabrakan dengan aturan yang lebih tinggi dan aturan yang sederajat. Harapan kita kalau ini sudah dindangani legislatif dan  eksekutif di Bombana maka selanjutnya kita berharap ada tindak lanjut harmonisasi yang didapatkan dari lembaran Negara,”ujarnya.

“Selanjutnya yang perlu diliat bagaimana perda ini ditindaklanjuti dan dikawal  agar bisa berlangsung tidak hanya sebagai perda, tetapi dapat dilaksanakan. Dan ini perlu diharmonisasi lagi ditingkat provinsi. Tentu juga ini akan menjadi pekerjaan kita bersama Bagian Hukum Pemkab Bombana,”ungkapnya.

Ditinjau dari sisi hukum dan HAM dalam konstitusi hukum kita, dinyatakan  pengakuan perlindungan dan pemberdayaan masyarakat adat moronene Hukaea memang suatu bagian yang tidak terpisahkan dari konstitusi Negara ini. “Tadi saya mengambil satu garis merahnya di UU 39 juga menyatakan demikian, bahwa, ada pengakuan, dan memang saya liat perlu ada pengakuan maupun perlindungan terhadap pemberdayaan masyarakat,”ujarnya. **

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.