Perda Penggunaan Aspal Buton Diterbitkan

0

SUARAKENDARI.COM-Potensi aspal yang terdapat di Pulau Buton, cukup banyak, yakni mencapai kurang lebih 600 sampai 700 juta metrik ton. Jika potensi aspal tersebut dikelola dengan baik, maka mampu memenuhi kebutuhan aspal nasional hingga seratus tahun lebih.

“Sebagai penghasil aspal selayaknya daerah ini menggunakan aspal buton, bukannya menggunakan aspal impor. Selain layak karena punya kualitas juga yang tepenting harganya murah, jika mengimpor aspal justeru harga lebih mahal. Karena itulah pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk menggunakan aspal buton di wilayah masing-masing,”himbau Ketua¬† DPRD Sulawesi Tenggara Abdurrahman Saleh .

“Kita harus memulai penggunaan produk aspal kita untuk pembangunan pengaspalan jalan di daerah kita sendiri, barulah mengajak daerah lain menggunakan produksi aspal kita,”tambahnya.

“DPRD Sultra bersama Pemprov Sultra sudah menerbitkan peraturan daerah tentang penggunaan aspal Buton untuk pembangunan jalan provinsi,” kata Rahman Saleh.

Melalui perda tersebut, kata dia, setiap pengaspalan jalan provinsi di daerah ini sudah harus menggunakan aspal Buton. “Kita harapkan pemerintah kabupaten dan kota di Sultra melakukan hal yang sama dengan pemerintah provinsi, sehingga produksi aspal bisa menjadi tuan di negeri sendiri,” katanya.

Sebagai wakil rakyat, Rahman saleh berharap Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dapat menerbitkan peraturan menteri tentang penggunaan aspal Buton untuk pengaspalan jalan di seluruh Indonesia.”Minal sebesar 30 persen kebutuhan pengaspalan jalan di seluruh Indonesia, menggunakan aspal Buton,” katanya. SK/AN

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.