Connect with us

Penyakit Ice-Ice Musuh Nelayan Rumput Laut

Konsel Minapolitan

Penyakit Ice-Ice Musuh Nelayan Rumput Laut

KONSEL, SUARAKENDARI.COM-Para pembudidaya rumput laut di pesisir Kecamatan Moramo dan Moramo Utara diresahkan oleh penyakit Ice-Ice yang menyerang budidaya rumput laut mereka setahun belakangan ini. Penyakit ini menyebabkan semakin berkurangnya aktivitas budidaya rumput laut oleh kelompok masyarakat pembudidaya di wilayah itu.

Dalam pertemuan antara Kelompok Budidaya Moramo Utara dan tim DKP Konsel terungkap bahwa, penyakit Ice-Ice ini akibat dari musim panas sepanjang tahun 2013 sampai 2014 iniyang menyebabkan rumput laut menjadi memutih dan melepuh. Penyakit ini mengakibatkan tidak adanya penghasilan yang didapatkan dari budidaya rumput laut sepanjang tahun 2012 hingga 2013. Ini sangat berbeda dengan tahun 2011, setiap kelompok berhasil mendapatkan 14 Ton rumput laut setiap panen.

“Para pembudidaya rumput laut banyak yang beralih menjadi nelayan dan buruh untuk sumber penghasilannya,”kata Mina, kelompok nelayan di Desa Wiawia, Moramo Utara.

Lebih lanjut Mina menjelaskan bahwa kelompoknya berencana akan kembali menanam rumput laut di tahun 2013 ini. Bantuan kepada pembudidaya rumput laut ini sangat diharapkan agar kelompoknya memperoleh hasil panen rumput laut yang memuaskan.

Sementara Ernanto Tawulo, Kabid Budidaya DKP Konsel menjelaskan, bahwa penyakit   Ice-Ice yang menyerang rumput laut disebabkan banyak factor, salah satunya kurang sehatnya air laut tempat lokasi budidaya, hal ini sebabkan lokasi telah tercemar sendimentasi limbah atau juga akibat pemboman ikan. Karena itu Ernanto meminta peran aktif nelayan untuk lebih meahami cara budi daya yang baik serta mengawasi aktifitas illegal seperti pemboman dan pembiusan karang. “Aktifitas illegal seperti pemboman ikan dan pembiusan karang telah membawa dampak kerusakan tidak hanya lingkungan tetapi juga hasil budidaya nelayan kita,”katanya. TIM

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Konsel Minapolitan

To Top