Connect with us

Penuhi Kebutuhan Pangan, Bupati Kolaka Galakkan Percetakan Sawah

Kolaka Membangun

Penuhi Kebutuhan Pangan, Bupati Kolaka Galakkan Percetakan Sawah

KOLAKA, SUARAKENDARI.COM- Bupati Kolaka, Ahmad Safei meyampaikan kepada awak media di Kolaka bahwa diera kepemimpinannya dia berencana menggalakkan sejumlahj program pertanian, contohnya percetakan sawah. Hal ini guna memenuhi kebutuhan pangan bagi masyarakat Kolaka dan sekitarnya. Pasalnya saat ini Kolaka kekurangan daerah penghasil beras pasca pemekaran Kolaka Timur.

Diperkirakan setelah pemekaran Kolaka Timur sedikitnya sepuluh ribu hektar areal persawahan yang berpindah wilayah. Dalam rapat Rencana Pembangunan Jangka Menegnah Daerah, Bupati Kolaka menjelaskan ada dua hak yang akan dikembangkan secara serius dalam waktu dekat ini yang bersentuhan langsung dengan dunia pertanian. Yaitu dari sektor padi lewat percetakan sawah dan cengkeh lewat program subsidi seribu hektar.

“Kalau padi memang kita galakkan percetakan sawah untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Kolaka. Disektor pertanian lain adalah cengkeh, sebab potensi ini memang besar kita lihat untukj menunjang para petani cengkeh lebih berperan lagi dalam hal penghasilan mereka. Selain itu ada sejumlah sektor yang akan kita kambangkan yaitu sektor perikanan. Misalnya tambak dan budi daya udang,” katanya, Senin (07/07/2014).

Namun dirinya tidak menampik jika sejauh ini tidak semua program prioritasnya berjalan dengan baik. Ahmad Safei mengakui baru dua program inti yang tengah berjalan. “Memang saat ini sudah dua program yang berjalan. Yang lainnya saya kira programnya sudah ada sejak pemerintahan sebelumnya, kita tinggal melanjutkan saja. Tapi sektor yang kami lihat sangat potensial yaitu pertanian, perkebunan dan tambak,” kata Ahmad Safei yang ditemui di gedung DPRD Kolaka.

Sementara untuk pembukaan lapangan kerja bagi 1000 tenaga kerja kata Safei, saat ini sedang diupayakan. Promosi potensi daerah kepada investor tengah digalakkan. Dia berharap, semakin banyak investor yang menanamkan modalnya Kolaka dapat memacu pembukaan lapangan kerja baru. “Kami juga meminta bantuan teman-teman untuk membantu mempromosikan potensi daerah kepada investor di luar Kolaka supaya mau menanamkan modalnya di Kolaka,” tegasnya. ABDI

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kolaka Membangun

To Top