Connect with us

Penghargaan Wahana Tata Nugraha

Metro

Penghargaan Wahana Tata Nugraha

KENDARI.SUARAKENDARI.COM-Untuk pertama kalinya kota Kendari mengikuti penilaian penghargaan Wahana Tata Nugraha tahun 2014. tim penilai dari kementerian perhubungan melakukan penilaian sehari sebelumnya (6/8/2014) meliputi 3 tahapan yang terdiri dari penilaian dokumen, survei lapangan dan penilaian kebijakan pemerintah Kota Kendari tentang transportasi publik.

Dalam pemaparan Tim kementrian perhubungan menjelaskan sejumlah perbaikan masih harus dilakukan pemerintah kota kendari, seperti kategori sarana angkutan umum, para sopir kendaraan umum belum memiliki seragam , identitas, daftar tariff.

Untuk fasilitas pejalan kaki, masih terdapat sejumlah perbaikan seperti bentuk trotoar yang masih tinggi, masih terdapat tempat sampah diatas trotoar dan masih banyak ruas jalan yang tidak memiliki trotoar.

“Berdasarkan aturan yang menjadi prioritas itu pejalan kaki, sepeda atau becak, kendaraan umum dan terakhir kendaraan pribadi” ujar ketua tim penilai Jujun E Wahjuningrum.

Selain itu penataan parkir masih harus diperhatikan, kalau perlu dibuatkan UPTD parkir.

Sementara itu Walikota Kendari, DR Asrun memberikan Apresiasi pada tim penilai yang telah memberikan banyak masukan pada kota Kendari  agar berbenah sehingga kedepannya bisa lebih baik.

Walikota juga meminta aparatnya yang terkait untuk melakukan pembenahan.

“Sudah seperti ini cita-cita kita, menjadikan kendari kota yang layak huni liveable city, tersedia fasilitas untuk penyandang cacat khususnya pejalan kaki”ungkap Walikota.

Penghargaan Wahana Tata Nugraha adalah penghargaan yang diberikan Pemerintah RI  kepada kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik. Penghargaan ini diberikan setiap tahun.

Penilaian dilakukan atas kategori kota metropolitan, kota besar, kota sedang, dan kota kecil. aspek penataan transportasi yang berkelanjutan, dan berbasis kepentingan publik dan ramah lingkungan mendapat pertimbangan terbesar dalam penilaiannya.

Penilaian penghargaan ini meliputi 3 tahap, tahap pertama meliputi penilaian dokumen administrasi yang dilakukan dishub propinsi, tahap kedua survey taknis dan operasional meliputi, sarana, prasarana, lalu lintas dan pelayanan kepada masyarakat, penilaian ini dilakukan dishub Sultra, kementrian perhubungan dan Akademisi.

Penilaian tahap ketiga meliputi komitmen kepala daerah dan kebijakan pemerintah daerah dalam pengembangan dan pembangunan transportasi perkotaan, penilaian ini dilakukan langsung tim dari kementrian perhubungan. (ALIN)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top