Connect with us

Pengaruhi Wajib Pilih Golput, Disanksi

Hukum & Kriminal

Pengaruhi Wajib Pilih Golput, Disanksi

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan memberikan sanksi tegas kepada siapa saja yang kedapatan mempengaruhi wajib pilih untuk melakukan golput atau tidak memberikan hak suaranya pada saat pemilihan.

Ketua KPU Kota Kendari, Hayani Imbu, mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan partisipasi wajib pilih kepada seluruh masyarakat yang sudah bisa memberikan hak suaranya.

“Jika panwas menemukan siapa saja yang dengan sengaja mempengaruhi orang lain untuk tidak memberikan hak suaranya, maka akan diberikan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku, asalkan buktinya jelas,” terangnya.

Menurutnya, pada pemilu tahun 2004-2009, partisipasi pemilu yang tidak mencapai 70 persen membuat pihak KPU, pada tahun ini akan meningkatkan target partisipasi pemilih diatas angka 75 persen. Guna mencapai semua itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tetap memberikan hak suaranya.

“Nasib daerah kita ini akan ditentukan oleh wakil rakyat kita, jadi kepada semua masyarakat yang sudah bisa memberikan hak suaranya agar mempergunakan hak suaranya, jangan sampai terpengaruh dan tidak datang pada saat pemilihan, kalaupun ada yang sakit atau cacat, kami sudah menyediakan petugas dilapangan untuk membantu,” ujarnya.

Dirinya juga berharap agar kesadaran masyarakat akan pendidikan politik bisa lebih meningkat, sehingga tidak menyia-nyiakan pesta demokrasi yang hanya dihelat lima tahun sekali itu dan membuang hak suaranya. (LINA)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top