Connect with us

Penerapan IT Pajak Dimulai Dari Franchise

Metro

Penerapan IT Pajak Dimulai Dari Franchise

KENDARI,SUARAKENDARI.COM-Pemerintah kota Kendari bulan September ini akan mulai memberlakukan penggunaan Informasi teknologi (IT) pada pembayaran pajak dan retribusi daerah.

Walikota Kendari Asrun mengatakan, untuk tahap awal penerapan IT pajak akan dilakukan pada franchise baik rumah makan maupun hotel yang sudah ada dikendari.

“kita akan lakukan secara bertahap, tahap awal kita terapkan dulu pada hotel-hotel maupun restoran franchise, kita mulai dari sana karena administrasi mereka relative lebih bagus, tapi tidak berhenti sampai disitu, kalau bisa semua hotel”jelasnya.

Menurut walikota Semiloka yang di lakukan dispenda beberapa hari ini  merupakan salah satu upaya meminta masukan dan memberikan pemahaman pada wajib pungut pajak, termasuk mempersentasekan rencana yang akan dilakukan Dispenda.

“Kita akan pasang chips di setiap kasir mereka, secara otomatis pajaknya langsung tercatat dan terekan lalu masuk kekas daerah”katanya.

Selain menerapkan prinsip transparansi dan akuntabilitas, kata walikota  Langkah ini juga merupakan salah satu upaya pemerintah melakukan ekstensifikasi maupun intensifikasi pajak sehingga PAD bisa meningkat.(ALIN)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top