Connect with us

Hasil Panen Inpari 30 di Mowewe Koltim Melimpah

Pertanian

Hasil Panen Inpari 30 di Mowewe Koltim Melimpah

Hasil Panen Inpari 30 di Mowewe Koltim Melimpah

Suarakendari-Petani di desa Horodopi Kecamatan Mowewe Kolaka Timur sangat bahagia dengan hasil panen padi musim ini. Pasalnya produktivitas panen mencapai 6,5 ton per ha. Hal ini diungkapkan oleh penyuluh pertanian Mowewe, Ambo Dai di sela-sela hamparan padi siap panen hari ini, Kamis 21 Desember 2017. Diuangkapkan bahwa luas hamparan pertanaman padi seluas 1.100 ha. dengan luas panen berkisar 560 ha.

Varietas padi yang dibudidayakan pada lahan seluas 1.100 ha ini adalah Ciherang dan Mekongga yang merupakan varietas primadona di desa Horodopi. Ketua Kelompoktani Sipatuo, Agus menyatakan bahwa harga Jual gabah Rp. 4.700 per kg. GKP.

Dikatakan bahwa petani Mowewe telah memanfaatkan teknologi sumur dalam serta dan parit untuk irigasi, sehingga sawahnya mampu berproduksi 2 kali se tahun. Penanaman dilakukan dengan menggunakan atabela sedangkan pengendalian hama penyakit dengan pendekatan PHT.

Panen ini disaksikan oleh Kepala BPTP Sultra Ir Muh Asaad MSc, Dinas Pertanian, 8 orang Penyuluh, Peneliti, Babinsa, Babinkamtibmas dan Kelompoktani. (Harno)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Pertanian

To Top