Connect with us

Penambahan DPK Tidak Pengaruhi Jumlah Surat Suara

Hukum & Kriminal

Penambahan DPK Tidak Pengaruhi Jumlah Surat Suara

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) menegaskan bahwa penambahan jumlah Daftar Pemilih Khusus (DPK) tidak akan mempengaruhi penambahan jumlah surat suara. Demikian dikatakan Ketua KPU Sultra, Hidayatullah.

“Setelah ditetapkan pada tanggal 1 April 2014 lalu, jumlah DPK kita bertambah sebanyak 10.996 yang nantinya akan ikut memberikan hak suaranya pada tanggal 9 April mendatang, meskipun demikian jumlah tersebut tidak akan menambah jumlah surat suara yang telah ditetapkan berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT),” jelasnya.

Menurutnya, berdasarkan ketetapan Undang-Undang, maka surat suara yang akan diberikan pada KPU masing-masing yakni berdasarkan DPT ditambah 2 persen, tidak ada lagi surat suara cadangan lainnya.

“Setelah ditetapkan jumlah DPT kita untuk Sultra yakni 1.767.004, sehingga surat suara yang diberikan kepada kita yakni sejumlah DPT tersebut ditambah 2 persen, kalau untuk DPK nanti akan menggunakan surat suara yang tidak terpakai,” katanya.

Pada saat pemungutan suara nantinya, seluruh DPK akan melakukan pemilihan pada TPS terdekat dan memiliki kelebihan surat suara, jika di TPS tersebut sudah kehabisan surat suara maka akan dipindahkan ke TPS terdekat lainnya.

Ia juga menambahkan bahwa dari 1.767.004 DPT yang telah ditetapkan terdapat 1.600 yang tidak bisa menggunakan hak pilihnya karena meninggal dunia sebanyak 1.134, pindah domisili 265, menjadi angggota TNI/Polri 10, satu belum cukup umur dan belum pernah kawin, tidak ditemukan karena tidak dikenali 12 serta terdapat 178 pemilih ganda. (LINA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top