Pemkot Siapkan Tanah Buat Warga Tidak Mampu

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Tanah masih menjadi barang mahal, menyebabkan banyak warga yang tak memiliki rumah sendiri, kalaupun punya rumah mereka cenderung meminjam tanah milik orang lain.
Mengatasi masalah ini pemerintah kota Kendari memiliki rik tersendiri, warga yang tinggal dalam sebuah kawasan yang kumuh dipindahkan dan dibuatkan perumahan dalam sebuah kawasan.
Kampung mandiri energy yang berada di sekitar Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Puwatu merupakan salah satu upaya yang dibuat pemerintah Kota Kendari untuk menangani para pemulung dan petugas kebersihan Kota Kendari yang tak memiliki rumah.
“Di kampung mandiri energy, kami menyediakan lahan dan memindahkan para pemulung yang tinggal di gadus di lokasi TPA ke kawasan mandiri energy dengan kondisi rumah yang lebih layak” kata Wali Kota Kendari Asrun.
Walikota menuturkan, selain rumah Pemerintah Kota Kendari menyediakan fasilitas penerangan dan kompor yang berbahan bakar gas metan. Listrik di peroleh dari mesin-mesin genset dengan bahan bakar gas metan yang berasal dari pembusukan sampah di TPA Puwatu.
Kawasan lain yang dibangun pemerintah kota ialah kampong nelayan di Kelurahan Bungkutoko, kawasan ini juga disediakan pemerintah kota untuk menangani pemukiman kumuh para nelayan di mulut teluk Kendari pulau Bungkutoko.
“Seperti kawasan nelayan Bungkutoko, dulunya puluhan kepala keluarga disana meminjam lahan milik orang lain mendirikan gubuk-gubuk, salah satu solusinya adalah saya bebaskan tanah untuk mereka dan kita bangunkan rumah yang layak huni,”tuturnya.
Ia berharap, dengan lahan dan pemukiman yang disediakan pemerintah kota Kendari ini, masyarakat kurang mampu lebih focus mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan mulai memikirkan untuk menabung untuk kebutuhan rumah bagi anak cucu mereka.(ALIN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *