Pemkot Permudah Izin Usaha

0

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Praktik jalur birokrasi yang terlalu panjang terkandang membuat banyak pelaku usaha mengeluh karena terlalu memakan waktu lama. Mengantispasi hal itu, pemerintah Kota Kendari kini melakukan perubahan pada sisi pelayanan dengan mempermudah pelayanan izin usaha bagi warga.

Hal ini diutarakan Kepala Badan Perizinan Kota Kendari, Yan Bela, bahwa, pihaknya terus meningkatkan mutu pelayanan dengan tidak mewajibkan pelaku usaha berhubungan dengan intansi terkait tetapi langsung ke kantor perizinan.

“Kalau dulu bisa berhari-hari melakukan pengurusan, tetapi sekarang bisa langsung jadi meskipun hanya satu jam,” ungkap Yan Bela.

Menurutnya, pelayanan bisa dipersingkat dan dipercepat asalkan calon pemohon sudah melengkapi syarat yang tertera dalam blanko pengajuan izin usaha.

Selama ini, kata Yan Bela, pemohon hanya mengambil blanko, tetapi tidak bertanya banyak terkait syarat yang harus dipenuhi warga. Demikian pula masih banyaknya warga yang enggan mengurus sendiri, melainkan menitipkan urusan mereka pada para calo sehingga terjadinya pembengkakan biaya.

“Kalau bisa, saat pengurusan izin itu langsung oleh pimpinan atau yang dipercaya agar bisa dilakukan pembayaran secara transparan,” katanya. MAN

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.