Pemkot Kendari Target 60 Persen RTH

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Mewujudkan visi Kota Kendari tahun 2020 sebagai kota dalam taman, yang maju demokratis dan sejahtera serta menunjang pembangunan kota Kendari yang cukup pesat, pemeritah kota Kendari terus berupaya menyiapkan sejumlah fasilitas bagi masyarakat salah satunya fasilitas wisata.
Traking mangrove atau taman air merupakan salah satu konsep yang sedang dikembangkan pemerintah kota Kendari.
Wali Kota Kendari Asrun mengatakan, kawasan wisata air ini akan dikembangkan di kelurahan Bungkutoko dan Teluk Kendari, selain sebagai lokasi wisata kawasan ini juga bisa berfungsi sebagai ruang terbuka hijau dan sarana pendidikan.
“Saya focus untuk mempertahankan mangrove itu dengan membuatnya aktif sebagai tempat wisata sekaligus ruang terbuka hijau serta bisa juga digunakan sebagai sarana edukasi yang bisa di akses oleh masyarakat” katanya.
Perencaan ekowisata mangrove, kata Asrun diharapkan dapat mengangkat nilai Kota Kendari agar lebih dikenal secara nasional maupun internasional sehingga dapat menarik wisatawan untuk berkunjung di Kota Kendari.
Wali Kota menuturkan pemerintah kota Kendari tetap komitmen untuk terus menambah jumlah dan luasa Ruang Terbuka Hijau (RTH) hingga 60 persen.
“Prisipnya kita buat tracking tetapi kita upayakan seminimal mungkin tidak merusak mangrove yang ada bahkan kalau ada hewan seperti burung kita akan pertahankan, juga dilarang membawa senapan angin” ujarnya
Rencananya program ini akan di kerjakan selama 2 tahun, untuk kawasan Bungkutoko akan disinergiskan dengan pembangunan Pelabuhan sehingga pelabuhan tersebut berkonsep ekoport atau pelabuhan ramah lingkungan.
Sedangkan di kawasan teluk Kendari akan di tata menjadi kawasan strategis karena letaknya di tengah kota dan juga bisa menjadi identitas atau landmark kota Kendari.
Terkait dengan status kepemilikan lahan, Wali Kota menambahkan saat ini pemerintah kota Kendari sedang mengidentifikasi ke Badan Pertanahan Negara (BPN), meskipun lahan tersebut berada diwilayah laut. (ALIN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *