Pemkot Kendari “Sulap” Tempat Pembuangan Limbah Jadi Arena Wisata

SUARAKENDARI.COM-Jika selama ini Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS) identik dengan lokasi yang jorok dan kumuh, namun tidak demikian yang terjadi di TPAS Puwatu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Kendari “menyulapnya” menjadi arena wisata baru masyarakat.  Pemerintah bahkan menambah fasilitas wisata dengan membuat permainan ‘flying fox’ di kawasan itu.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan dan Pemakaman Kendari Tin Farida mengaku akan  terus berupaya membenahi TPAS Puuwatu dengan mengubah pandangan masyarakat jika tempat sampah itu identik dengan kotor dan bau, dengan cara menjadikan kawasan itu menjadi tempat wisata.

“Selain berfungsi sebagai pengendali pencemaran, TPA Sampah Puuwatu juga ini bisa berfungsi sebagai sarana edukasi dan wisata bagi semua kalangan,”kata Tin Farida.

Tin menjelaskan, penambahan fasilitas  flying fox yang akan dibuat nanti sebanyak dua unit dengan panjang 200 meter yang disediakan untuk orang dewasa dan panjang 50 meter untuk anak-anak.

Untuk  anggaran pembangunannya sudah disetujui sekitar Rp200 juta untuk flying fox dan kelengkapannya termasuk pembenahan taman dan gazebo di TPA Puwatu.

“Anggaran pembuatan flying fox merupakan salah satu item yang disetujui untuk dikerjakan tahun 2016 mendatang dengan beberapa item pekerjaan diantaranya pembuatan gazebo di bagian atas tempat meluncur dan di bagian bawah tempat mendarat,” katanya.

TPA sampah Puuwatu ini merupakan salah satu item yang mendongkrak nilai tinggi sehingga Kota Kendari meraih adipura kencana tahun 2014 dan tahun 2015, sehingga menjadi ikon pembangunan sekaligus “sekolah” bagi banyak daerah untuk menimba ilmu lingkungan di lokasi ini. SK/AN

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *