Pemkot Kendari Raih Penghargaan Kota Peduli HAM

SUARAKENDARI.COM-Pemerintah Kota Kendari kembali meraih penghargaan bergengsi. Kali ini dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) RI yang  menganugerahkan penghargaan Kota Peduli HAM kepada Pemerintah Kota Kendari atas dedikasinya menegakkan Hak Asis Manusia di wilayah ini.  Penyerahan penghargaan akan akan diserahkan pada peringatan Hari HAM di Istana Presiden, 11 Desember 2015.
Kepala bagian Hukum Kota Kendari Abdul Mustand Pasaeno, mengatakan, pemberian penghargaan pada kota Kendari berdasarkan sejumlah kriteria yang ditetapkan panitia dan kota Kendari salah satunya yang memenuhi kriteria tersebut.
“ Kriteria itu, dari bidang kesehatan terjadi penurunan angka kematian ibu dan anak, pelayanan terhadap anak terkait pemenuhan hak anak, kota layak anak, pemerintah kota sangat peduli terhadap pengentasan kemiskinan, dimana pemerintah membangun pasar PKL yang disediakan bagi para pedagang kaki lima, dan memberikan bantuan modal melalui BLUD”jelas kabag Hukum Mustand Pasaeno, Senin, (7/12/2015).
Ia menambahkan kriterian pemenuhan HAM lain yang dilakukan pemerintah kota lainnya yakni, bantuan pemukiman kumuh terhadap para pemulung di Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS) Puwatu, pemukiman nelayan di Bungkutoko.
Dibidang hukum lanjutnya pemerintah kota telah membuat sejumlah peraturan daerah (Perda) tentang pemenuhan hak masyarakat seperti perda tentang Kebersihan, Keindahan dan Ketertiban. Dibidang pendidikan pemerintah kota juga memberikan beasiswa bagi warga miskin.
“Pemerintah kota peduli terhadap Hak asasi manusia sebagai mana yang diatur dalam pasar 28 tahun 1945, mulai dari huruf A, sampai 28 J, kemudia undang-undang no 39 tahun 1991 tetang HAM, sehingga kota Kendari ditunjuk sebagai kota Peduli HAM”, lanjutnya. (ALIN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *