Pemkot Kendari Libatkan Warga Kelola RTH

KENDARI, SUARAKENDARI.COM-Wali Kota Kendari DR Asrun memulai gerakan bersama mendukung program serta masyarakat dalam tata kelola ruang terbuka hijau ditandai dengan penanaman pohon berlokasi di sekitar perbatasan Kecamatan Puwatu, Rabu (26/8/2015).
Wali Kota Kendari Asrun mengatakan upaya penataan ruang terbuka hijau (RTH) sudah sering dilakukan pemerintah kota Kendari, namun kali ini pemerintah kota Kendari mencoba melibatkan masyarakat sebagai ujung tombak.
“Partisipasi masyarkat ini kita harapkan sustainable atau terus menerus jangan hanya ada upacara seremonial, setelah itu hilang tanpa ada perhatian, kita harapkan masyarakat berperan aktif sehingga muncul kepedulian yang tinggi untuk menjaga dan memelihara tanaman yang ada” ujarnya.
Selain peran serta masyarakat, wali kota juga meminta aparatnya mulai dari lurah, camat, Dinas Kebersihan dan Badan Lingkungan Hidup Kota Kendari untuk terus mengajak masyarakat untuk terlibat dalam upaya penataan dan mengelola RTH.
Asrun menambahkan penataan RTH dalam kota Kendari terus dilakukan keseluruh RTH yang ada, ia mencontohkan median jalan yang ada di perbatasan Kabupaten Konawe dan Kota Kendari masih perlu penambahan jumlah tanaman sehingga menimbulkan kesan yang berbeda ketika warga masuk ke wilayah kota Kendari.
Penataan di jalur jalan lingkar luar juga masih harus dilakukan setelah penanganan jalan tuntas lanjutnya.
“Talia, Bungkutoko akan kita perbaiki dan kelola dengan baik dan semua RTH seperti median jalan atau tanah milik pemerintah akan kita hijaukan dan tata rapi agar bisa menjadi paru-paru kota” tambahnya.
Dalam kegiatan itu hadir juga Kepala Badan Lingkungan Hidup, Camat Puwatu, Lurah Puwatu dan Lurah Watu Londo (ALIN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *