Pemkot Kendari Akan Bangun Pasar Nambo

Suarakendari.com – Pemerintah Kota Kendari menyiapkan anggaran Rp1,9 miliar untuk pembangunan Pasar Nambo di Kecamatan Abeli.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Kendari Syam Alam mengatakan Pemkot Kendari rencananya akan membangun 40 Lods untuk Pedagang yang akan menempati pasar itu.

“Pedagang di pasar ini merupakan pedagang yang biasa berjualan di pinggir jalan di sekitar Kelurahan Nambo,” katanya¬† di Kendari, Rabu(21/10).

Selain pusat perdagangan, Kata Syam, Pasar Nambo nantinya juga akan dijadikan tempat wisata bagi warga yang akan mengunjungi pantai nambo.

” Pasar Nambo nantinya akan menjadi pasar penyangga untuk menunjang perekonomian masyarakat di sekitar kawasan tersebut.”, Ujarnya.

Ia mengatakan pembangunan pasar nambo tersebut dinilai perlu karena dibeberapa kelurahan didaerah itu jauh dari akses pasar, sehingga warga kesulitan untuk melakukan transaksi jual beli hasil produksi pertanian dan perikanan.

“Pasar yang dekat-dekat daerah ini hanya Pasar Lapulu, tetapi aksesnya masih jauh sehingga warga masih kesulitan untuk menjangkaunya,” katanya.

Pemerintah Kendari, katanya, akan terus mendorong pengembangan pasar di daerah itu guna mempertahankan keberadaan pedagang yang hanya mampu menjangkau pasar tradisional.

“Beberapa pasar tradisional yang telah kami kembangkan dan tingkatkan bangunan fisiknya yakni Pasar Sentral Kendari dan Pasar Baru Wuawua,” katanya.

Beberapa pasar tradisional lainnya, kata Syam Alam, juga terus dikembangkan seperti Pasar Baruga, Pasar Panjang, Pasar Lapulu dan Pasar Anduonohu. ANT/SK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *