Pemkot Dapat Rp 8 Miliar Benahi Puskesmas

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Pelayanan kesehatan menjadi hal yang prioritas bagi pemerintah kota Kendari di kepemimpinan Wali Kota DR Ir H Asrun M.Eng, Sc. Selain membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kendari, Wali Kota juga membangun sejumlah puskesmas yang cukup representative.
Puskesmas Poasia, Lepo-lepo, Puwatu, Abeli dan Benu-benua merupakan sejumlah puskesmas yang dibangun dengan fasilitas yang cukup representative. Wali Kota mengatakan, Puskesmas tersebut di buat untuk melayani warga disekitar, sebelum dirujuk ke rumah sakit atau pelayanan tingkat lanjut.
“Tahun ini, saya akan bangun lagi puskesmas Puwatu, termasuk penambahan sejumlah fasilitas di beberapa puskesmas untuk melengkapi kekurangan fasilitas itu” katanya.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari Dr Maryam Rufiah menuturkan tahun 2015 ini Kota Kendari mendapat dana sekitar Rp 8 miliar untuk pembangunan sejumlah puskesmas di Kota Kendari dan penambahan sejumlah alat kesehatan.
“Tahun ini kita dapat Dana Alokasi Khusus (DAK) sekitar Rp 4 Miliar dan dana Tugas Perbantuan (TP) juga sekitar Rp 4 miliar, dana ini akan kita gunakan membangun puskesmas Puwatu dan pengadaan peralatan kesehatan (Alkes)”ucapnya.
Dana yang di peroleh Pemerintah Kota Kendari ini lajutnya, juga akan digunakan untuk penyiapan fasilitas Pos persalinan (Ponet) disemua puskesmas yang berstatus rawat jalan maupun rawat inap untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak, saat proses persalinan.
Penambahan fasilitas di puskesmas ini dilakukan untuk meningkatkan layanan terhadap masyarakat dalam program Jaminan kesehatan Nasional (JKN) maupun Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).(ALIN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *