Pemkab Siapkan 616 Juta Rupiah Buat Parpol di Bombana

Suarakendari.com-Pemerintah kabupaten Bombana menyediakan anggaran sekitar Rp 616 juta untuk partai politik (Parpol) di Kabupaten Bombana. Dana yang bersumber dari APBD 2015 itu, siap digelontorkan bagi parpol yang memperoleh kursi di Dewan hasil pemilu 2014 lalu.

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol Linmas) Bombana, H.Nuhung, mengatakan, penyediaan dana tersebut merupakan amanat dari peraturan menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 77 tahun 2014 tentang pedoman tata cara perhitungan penganggaran dalam APBD dan tata tertib administrasi, pengajuan, penyaluran dan laporan pertanggung jawaban penggunaan Bantuan keuangan Partai Politik.

“Ini amanat dari permendagri 2014. Tiap tahunnya itu, daerah harus menyiapkan anggaran yang bersumber dari APBD untuk menunjang aktivitas parpol di daerah,” ujar Nuhung.

Nominal anggaran yang disiapkan pemkab ditahun 2015 ini sekitar Rp.  616.953.740,- diperuntukan kepada 10 Parpol yang memiliki kursi di DPRD Bombana. Masing-masing,  Partai Nasdem, PKS, Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PPP, Hanura,  dan PBB.

Nuhung menjelaskan nominal Bantuan yang tertera tersebut, diperoleh dari perkalian tiap suara diberi bantuan senilai Rp. 8.452,-. Dengan pembagian 60 persen dari nominal itu untuk pendidikan politik, 40 persen. Lainnya untuk operasional sekretariatan parpol.

“Pendidikan politik itu diantaranya parpol bisamengadakan seminar, lokakarya, dialog interaktif sarasehat atau workshoop.  Sementara anggaran kesekretariatan itu berupa administrasi umum seperti ATK,rapat internal atau ongkos perjalanan dinas. Bisa juga untuk langganan daya dan jasa seperti telpon dan listrik, air minum, jasa pos dan giro serta surat menyurat,”tukasnya. (DAR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *