Connect with us

Pemkab Muna Siaga Penyebaran Penyakit Kaki Gajah

Suara Pendidikan

Pemkab Muna Siaga Penyebaran Penyakit Kaki Gajah

RAHA, SUARAKENDARI.COM- Pemerintah Kabupaten Muna terus bersiaga dengan semakin meningkatnya kekhawatiran penyebaran penyakit kaki gajah (vilariasis) di daerah itu. Disinyalir ada beberapa desa seperti di Tongkuno dan Parigi, menjadi daerah rawan kaki gajah.

Untuk mencegah terjadinya penularan penyakit ini, Dinas Kesehatan Muna terus melakukan sosialisasi pada masyarakat tentang penyakit vilariasis ini.

“Kita sedang melakukan sosialisasi di 42 puskesmas se Kabupaten Muna, tentang penyakit kaki gajah ini.  Hasil penelitian BPTKL Makasar , ditemukan ada 2 orang penderita kaki Gajah di Desa  Wuna. Disinyalir pula, masih ada penderita penyakit kaki gajah di beberapa desa lainnya seperti Tongkuno dan Parigi,” terang Kadinkes Kabupaten Muna La Ode Rimba Sua, SKM.M.Si pada sejumlah media di Raha Sabtu ( 11/5).

Penyakit yang disebabkan oleh vilaria ini, penyebarannya tergolong cepat. Jika seorang penderita kaki gajah digigit nyamuk, kemudian nyamuk tersebut menggigit orang lain, maka otomatis orang tersebut akan tertular penyakit kaki gajah.

“Agar penderita penyakit kaki gajah di Muna tidak terus bertambah, tahun ini kami akan memberikan pengobatan gratis bagi masyarakat, khususnya penderita penyakit kaki Gajah, selama 5 tahun. Setiap penderita akan diberikan obat satu kali minum saja. Jadi setiap tahun mereka minum 1  biji obat selama 5 tahun,” tambah Kadisnkes Kabupaten Muna ini. ( TRI )

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Suara Pendidikan

To Top