Pemkab Konkep Kembangkan Sektor Perikanan

0

KONKEP, SUARAKENDARI.COM-Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan terus mengembangkan potensi Perikanan yang terkenal melimpah di daerah itu. Hal ini melihat posisi Kabupaten Konkep merupakan daerah yang diapit oleh selat Banda, selat Buton dan selat Wawonii. Dimana daerah ini sangat berpotensi pada sumber daya perikanan dan ditambah lagi dengan potensi penghubung transportasi laut atau pelabuhan yang sangat memungkinkan untuk terus dikembangkan.

Pejabat Bupati Konkep, Drs H. Nur Sinapoy mengatakan, Pemkab Konkep bersama Pemprov Sultra tengah melakukan penyusunan basis data yang akurat pengembangan sector perikanan dan menetapkan sektor perikanan sebagai potensi yang harus dikembangkan. “Potensi kelautan dan perikanan Konkep sangat besar untuk itu penting untuk terus ditumbuh kembangkan,”kata Nur Sinapoy, Minggu (2/8).

Untuk kepentingan itu, Pemkab Konkep menggandeng kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Hasanuddin (Unhas) untuk survei pada kawasan pesisir pada sumber daya terumbu karang dan potensi alam lainnya.

Kerjasama dengan ITB untuk kepentingan rencana pengadaan industri pembangkit listirik tenaga mikro, sedangkan kerjasama dengan UNHAS dalam rangka penelitian jenis-jenis terumbu karang sebagai salah satu potensi pada sumber daya kelautan dan saat yang bersamaan juga akan ada bantuan dari Badan Informasi Geospasial (BIG). AM

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.