Connect with us

Pemkab Kolaka Tingkatkan Mutu Komoditas Kakao

Bisnis

Pemkab Kolaka Tingkatkan Mutu Komoditas Kakao

KOLAKA, SUARAKENDARI.COM-Pemerintah Kabupaten terus memberikan perhatian besar pada peningkatan mutu komoditas kakao di daerah itu. Itu dilakukan sebagai upaya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani kakao. Seperti diketahui selama bertahun-tahun tanaman kakao merupakan komoditi perkebunan andalan negeri Sangia Nibandera.

Berdasarkan data Dinas Perkebunan Kolaka Tahun 2013, luas lahan kakao di kolaka mencapai 29.166,76 ha dengan produksi biji kering pada tahun 2013 sebanyak 8562,86. Dari luas yang ada nampaknya pemerintah Kolaka akan terus meningkatkan produktifitas bidang perkebunan yaitu dengan menyediakan lahan seluas 58.137,30 hektar, yang tentunya dengan menyediakan sarana pendukung lainya berupa sarana perhubungan yang memadai sampai ke sentra produksi.

Bupati Kolaka, Ahmad Safei mengatakan, untuk implementasi percepatan pembangunan komoditi kakao, pada tahun 2014 ini pemerintah Kabupaten Kolaka telah bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk meneliti tanaman kakao di daerahnya.

Dengan kerjasama itu, pemerintah berharap mutu tanaman kakao Kolaka menjadi lebih baik dan meningkat. Saat ini melalui dinas perkebunan, diintensifkan program peningkatan produksi dan mutu komoditas kakao berkelanjutan melalui peremajaan, rehabilitasi dan intensifikasi kakao melalui kegiatan pengembangan di daerah sentra kakao. Adapun daerah sentra penghasil tanaman kakao yang ada di Kabupaten Kolaka meliputi Kecamatan Wolo, Samaturu, Iwoimendaa, Toari, Latambaga dan Watubangga. Selain tanaman kakao pemerintah Kabupaten Kolaka giat melakukan pengembangan komoditi kelapa sawit, cengkeh, kelapa, lada dan nilam.ABDI

 

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bisnis

To Top