Pemkab Bombana Terapkan E-Office

SUARAKENDARI.COM-Pegawai negeri di lingkup pemerintah Kabupaten Bombana sebentar lagi akan menikmati   sistem perkantoran elektronik. Dimana  penggunanya mencakup seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) pada tahun 2016. Sebuah terobosan  yang terbilang cukup maju  dilakukan pemerintah kabupaten.

Sekretaris Kabupaten Bombana, Burhanuddin HS Noy di Rumbia, ibu kota Bombana, Selasa, menuturkan aplikasi perkantoran eletronik memiliki fitur utama persuratan yang terdiri dari disposisi, surat keluar, surat masuk dan pengarsipan. “Aplikasi `e-office` ini berjalan pada `web browser` dan dapat diakses dengan menggunakan jaringan internet,” tutur Burhanuddin.

Keunggulan “e-office” di antaranya file atau dokumen yang diunggah tidak dapat diakses oleh orang yang tidak berhak, dapat diakses di mana dan kapan saja ketika terhubung dengan internet dan mengurangi penggunaan kertas.
“Jadi kalau bupati atau pejabat daerah lainnya sedang di Jakarta bisa mendisposisi surat masuk, tanpa menunggu hingga berkantor,” ujar Burhanuddin,mantan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sultra itu.

Burhanuddin menjelaskan, kemampuan utama peranti lunak “e-office” mencakup fungsi otomatisasi proses dan dokumen, otentifikasi dan pengamanan kerahasiaan dokumen, serta integrasi proses antarmodul.

“Kemampuan utama tersebut nampak dalam arsitektur sistem mulai dari login (masuk) sampai keluar (logout) dari aplikasi,” imbuhnya.

Sebelum diberlakukannya sistem aplikasi “e-office”, lanjut Burhanuddin, telah diutus sejumlah personel dari setiap SKPD untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan tentang pola pengoperasian sistem tersebut.

“Sebanyak 18 operator telah mengikuti pendidikan dan pelatihan, Mereka akan mengoperasikan sistem aplikasi ini, sehingga kendala teknis dapat diminimalisir,” ujarnya.

Aplikasi “e-office”, kata Burhanuddin, baru di lima pemerintah provinsi, antara lain DKI Jakarta, Jawa Timur, Manado, dan nanti Bombana di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Untuk mempercepat proses “loading”, kata dia, Pemkab Bombana menggandeng PT Telkom, sementara instalasi dan penggunaan aplikasi dikerjasamakan dengan pihak Secure Eletronic Office Andara (SEOAN).SK/ANT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *