Pemkab Bombana Lelang Jabatan

BOMBANA, SUARAKENDARI.COM-Untuk ketiga kalinya, pemkab Bombana kembali menerapkan sistem lelang jabatan. Proses lelang ditempuh, untuk menyeleksi PNS yang berkompoten guna mengisi posisi jabatan eselon III dan IV lingkup pemerintahan Kabupaten Bombana. 

Sedikitnya, sekitar 111 jabatan mulai dilelang oleh pemkab Bombana yang milai dilakukan awal april lalu.
Di ikuti sekitar 165 peserta calon, yang berasal dari pegawai Negri Sipil lingkup Pemkab Bombana, yang dinyatakan lulus seleksi berkas oleh Panitia.

Bupati Bombana H. Tafdil menegaskan pemberlakukan lelang jabatan untuk menghindari stigma proses Korupsi, Kolusi dan Nepotisme ( KKN ) dalam perekrutan seorang pejabat di Bombana.

Selain itu, sambung Tafdil, penerapan lelang jabatan untuk menguji atau menyeleksi kompetensi seorang calon, sebelum jadi pejabat. “Dipemerintahan saya ini, saya ingin buka seluas-luasnya bagi PNS yang ingin berminat menjabat di struktural. siapapun dia, asal mempunyai kompetensi bagus dijabatan itu, kita akan rekrut. Jadi tidak ada lagi istilah orang dekat atau pilih kasih,” tegas Tafdil.

Ketua PAN Bombana ini berharap mekanisme uji kompotensi di lelang jabatan untuk membangun pemerintahan Bombana ke arah yang lebih baik. Utamanya sistem penyeleksian para pejabat yang ingin menjabat atau duduk ditingkat  eselon.

Senada dengan itu, Rusman ketua panitia uji komptensi  memastikan
Semua pejabat yang ingin duduk di eselon III dan IV lingkup Pemkab Bombana harus melewati uji kompetensi.

“Uji Komptensi ini merupakan salah satu syarat mutlak bagi seorang PNS untuk duduki jabatan. Mulai diberlakukan di Bombana sejak tahun lalu “ pungkas Rusman yang juga kepala BKD Bombana ini.

Mantan Kepala Dinas Nakertransos Bombana ini mengatakan lelang jabatan canangan Pemkab Bombana ini merupakan sarana yang tepat untuk menguji kompetensi  seorang PNS.

“Kebijakan ini merupakan seleksi yang tepat untuk menguji  seorang calonpejabat. Dengan cara ini pula, bisa menyeleksi kemampuan PNS dengan pilihan jabatan yang diminatinya,” tukas Rusman. (DAR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *