Pemilih Fiktif akan Nampak di Sidalih

*Soal Daftar Pemilih

Suarakendari.com– Meski sempat mendapat kritikan dari Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) dan pasangan calon, KPU Sulawesi Tenggara meyakinkan bahwa tidak akan ada data pemilih yang fiktif ketika masuk dalam aplikasi Sistem Data Pemilih (Sidalih). Pasalnya, setelah data pemilih masuk akan diketahui apakah ada pemilih ganda atau tidak.

Saat dikonfirmasi, Jumat (25/9), Ketua KPU Sulawesi Tenggara, Hidayatullah mengatakan, dengan aplikasi Sidalih ini, KPU berharap agar data pemilih yang terdaftar memang betul-betul pemilih yang memiliki hak suaranya. Karena, bisa saja dirinya (pemilih) juga terdaftar di daerah lain, sehingga nantinya akan kembali dilakukan verifikasi oleh KPU, mengapa nama tersebut bisa ada di daerah lain.

“KPU sangat menyayangkan sikap para pasangan calon yang tidak memahami aplikasi sidalih ini. Padahal, sidalih ini diakui dan digunakan secara internasional. Dan kepada Panwas juga, agar lebih mempercayai aplikasi sidalih ini. Jangan sampai nantinya malah Panwas yang lelet,” jelasnya.

Meski baru beberapa daerah yang berhasil diinput di situs KPU RI, masyarakat sudah bisa memeriksa nama mereka di situs tersebut (data.kpu.go.id/dps2015.php) dengan memasukkan nama daerahnya/kecamatan/kabupaten, atau memasukkan nomor kartu keluarganya, untuk melihat apakah nama mereka sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum.

“Sebagian daerah seperti Kolaka Timur, masih dalam proses penginputan di Sidalih. Kalau soal kendala jaringan, kami sudah imbau kepada KPU Kabupaten/Kota, agar PPK yang mengalami kesulitan dalam menginput data tersebut, agar diakomodir oleh KPU Kabupaten/Kota saja. Soalnya, di kantor KPU Kabupaten/Kota yang jaringannya bagus, atau bergeser di Kota Kendari untuk melakukan proses penginputan data pemilih ini,” ungkapnya.

Sebenarnya, lanjutnya lagi, yang mesti dilakukan Panwas adalah, Panwas dan KPU Kabupaten/Kota bersama-sama saling mengkroscek data tersebut, supaya tidak ada lagi persoalan nantinya dan data tersebut benar-benar aktual. (Arn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *