Pemekaran Kota Raha Diagendakan Tahun Ini

SUARAKENDARI.COM, Beberapa wilayah di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang rencananya akan dimekarkan pada tahun lalu masih ada beberapa yang pending. Salah satunya rencana pemekaran Kabupaten Muna menjadi Kota Raha hingga saat ini belum disetujui oleh Pemerintah Pusat dan DPR RI.

PJ Bupati Kabupaten Muna, LM Dzayat Kaimuddin mengatakan bahwa pihaknya merencanakan pada tahun 2016 ini pemekaran Kota Raha sudah bisa dilakukan setelah dipending oleh pemerintah pusat.

“Memang waktu itu, usulan pemekaran Kota Raha dilakukan bersamaan dengan pemekaran tiga Daerah Otonomi Baru (DOB) yang sudah mekar seperti Muna Barat, Buton Tengah dan Buton Selatan. Tetapi dari pemerintah pusat mengatakan belum bisa dilakukan karena masih ada persyaratan yang belum lengkap,” katanya, Rabu (13/1/2016).

Meskipun tidak menyebutkan persyaratan yang belum dilengkapi tersebut, tetapi ia memastikan pada tahun 2016 ini, semua persyaratan yang ditentukan sudah bisa dilengkapi, sehingga tidak ada lagi alasan untuk menunda pemekaran Kota Raha. Ia juga meyakinkan kepada seluruh masyarakat bahwa pemerintah tidak main-main dalam rencananya untuk memekarkan Kota Raha, hanya saja belum bisa terealisasi.

“Waktu pengusulan pemekaran Kota Raha, saat itu saya masih menjabat sebagai Biro Pemerintahan, kami juga perjuangkan dan sudah sempat dibahas oleh DPR RI dan pemerintah dalam hal ini Menteri Dalam Negeri, tapi memang benar-benar tidak bisa diloloskan,” tukasnya.

Untuk itu, pihaknya masih terus berusaha dan kepada masyarakat diharapkan agar bisa bersabar karena pemerintah juga sedang melengkapi persyaratan yang dinilai belum lengkap. (LINA).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *