Pemegang IUP Wajib C N C Sebelum Januari 2015

0

KENDARI.SUARAKENDARI.COM-Paska penghentian tambang di Sultra, dinas Energi Sumber Daya Mineral ( ESDM) berupaya melakukan penataan lingkungan agar kedepan pengelolaanya lebih baik.

Kepala Dinas ESDM Sultra Burhanuddin mengatakan,untuk meningkatkan nilai tambah mineral yang ada, dibutuhkan komitmen dan kerjasama pemerintah daerah sebagai pemilik wilayah, sehingga pemegang IUP nakal bisa segera ditindaki.

“Inilah saatnya kita memperbaiki mereka, jadi bukan hanya non C N C, tapi C N C juga kita perbaiki, tidak menutup kemungkinan yang C N C juga kita cabut, karena banyak kewajiban yang tidak dipenuhi” katanya.

Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulawesi Tenggara mencatat dari 498 izin usaha pertambangan (IUP) Sulawesi Tenggara masih terdapat lebih dari 180 di antaranya belum berstatus ‘clean and clear’ (CNC).

Mantan kepala bidang pertambangan ini menegaskan, Pemerintah masih memberikan batas waktu hingga bulan Desember tahun 2014, pada para pemegang IUP untuk memenuhi persyaratan C N C jika tidak maka izinnya akan dicabut.

“Jadi 2 tahap C N C ada yang sudah C N C sudah diumumkan tapi belum punya sertifikat, nah untuk dapat sertifikat harus melakukan verifikasi teknis menyangkut pelaporan dan kewajiban, kalau itu tidak dilakukan tidak akan dapat sertifikat” jelasnya.(ALIN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.