Connect with us

Pemda Se Sultra Dinilai Lamban Menetapkan Formasi CPNS

Metro

Pemda Se Sultra Dinilai Lamban Menetapkan Formasi CPNS

KENDARI, SUARAKENDARI.COM-Sesuai jadwal resmi KemenPAN-RB, seharusnya pengumuman formasi seleksi CPNS 2014 dilakukan mulai 18-29 Agustus 2014. Sementara pendaftaran CPNS 2014 secara online dijadwalkan akan mulai dibuka pada 20 Agustus hingga 3 September 2014, dilanjutkan dengan tes seleksi CPNS mulai 8 September 2014. Sedangkan simulasi tes online CAT CPNS yang seharusnya dapat diakses pada 12 Agustus, juga ditunda dan rencananya diluncurkan pada 20 Agustus 2014.

Berdasarkan kuota formasi Untuk sulawesi tenggara terdapat delapan (8) kab/kota yang mendapatkan jatah seleksi CPNS yakni kab.koltim sebanyak 300 orang, konawe kepulauan 300 orang, wakatobi 93 orang, konawe selatan 79 orang, buton utara 123 orang, muna 35 orang, kendari 30 orang, dan pemprov 129 orang.

Namun hingga detik ini formasi terkait kuota formasi belum juga ditetapkan. Penundaan pengumuman formasi CPNS 2014 ini terjadi akibat banyaknya daerah yang belum berhasil menyelesaikan rincian formasi seleksi CPNS 2014. “Kami mensinyalir, keterlambatan tersebut didasarkan pada kurangnya pemahaman pejabat daerah (BKD) dalam mengisi formulir usulan formasi masing-masing instansi yang seyogyanya akan dikirim ke kemenpan-RB pada tanggal 8 agustus lalu. Hal ini berimplikasi pada molornya jadwal penetapan dan pengumuman formasi seleksi CPNS di sultra. Dan tentu akan berakibat pada kebingungan masyarakat khususnya para calon Aparatur Sipil negara dalam mengetahui setiap alur maupun jadwal seleksi CPNS itu,”ungkap Ahmad Iskandar Zulkarnaen, Koordinator  Divisi sipil dan politik PUSPAHAM Sultra.

Apalagi lanjut Ahmad, melihat  itikat pihak BKD maupun sekertaris daerah se-sultra tidak melakukan upaya-upaya taktis agar kesimpangsiuran informasi dikalangan masyarakat dapat terhindarkan. “Reaksi skeptis dan apatis dari para pejabat daerah tersebut merupakan jawaban atas tidak siapnya mereka dalam menyelenggarakan berbagai tahapan seleksi CPNS baik yang telah ada maupun akan diselenggarakan,”katanya.

Olehnya itu, PUSPAHAM menghimbau kepada para BKD se-sultra agar mengintruksikan kepada masing-masing instansinya khususnya yang akan mendapat jatah formasi dari Kemenpan-RB untuk memberikan dan mengkonfirmasi terkait dengan keterlambatan pengusulan, penetapan dan pengumuman formasi CPNS.

PUSPAHAM juga mengingatkan kepada para sekda/sekot yang akan menghadiri Rapat kordinasi (rakor) bersama kemenpan-RB  di Jjakarta, agar kiranya mengorganisir segala kelemahan-kelemahan atau kendala yang ditemukan didaerah masing-masing baik itu administratif maupun teknis. Dan juga menyampaikannya kepada kemenpan_RB untuk segera dicari jalan keluarnya secara komprehensif. YS

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top