Pembukaan Festival Keraton dan LASQI Resmi Dibuka Nur Alam

0

SUARAKENDARI.COM, Festival Keraton dan Masyarakat Adat ASEAN yang diselenggarakan di alun-alun eks.MTQ resmi dibuka oleh Gubernur Sultra, Nur Alam, Kamis (12/11/2015) malam.

Pembukaan Festival Keraton ASEAN yang ke-III ini juga diikuti dengan pembukaan Lomba Seni Qasidah (Lasqi) ke – XX.

Dalam sambutan ketua panitia, Lukman Abunawas mengatakan bahwa dalam kegiatan festival keraton akan dilaksanakan sejak tanggal 12 hingga 15 November mendatang, sementara Lasqi akan dihelat sejak tanggal 12 hingga 17 November.

Dikatakan pula bahwa dalam rangkaian kegiatan festival keraton akan dilakukan beberapa kegiatan antara lain kirab budaya, seminar dan kuliner non beras. Sementara untuk Lasqi sendiri terdiri dari beberapa jenis lomba yakni seni kolaborasi, gambus, klasis dan seni qasidah bernuansa islami.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Lukman menghaturkan permohonan maaf jika ada kesalahan atau ketidak nyamanan bagi seluruh tamu dan peserta yang datang baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Sementara itu, Gubernur Sultra mengatakan bahwa dengan diselenggarakannya dua kegiatan besar itu agar semua tamu bisa merasa nyaman. Dengan kegiatan tersebut juga akan memberikan manfaat sosial ekonomi dan budaya.

“Tentu saja dengan adanya event ini akan memberikan dampak secara ekonomi sehingga semuanya harus bisa memanfaatkan event seperti ini,” katanya.

Dikatakannya pula bahwa kegiatan budaya yang akan berlangsung selama empat hari itu dapat dijadikan sebagai momentum untuk terus menjaga dan memelihara budaya yang ada.

Sementara untuk peserta lasqi diharapkan agar bisa bersifat sportif dan menampilkan yang terbaik dalam lomba yang akan digelar selama sepekan. (LINA)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.