Connect with us

Pembuatan Kapal di Kolono Terindikasi Dibeking Oknum

Uncategorized

Pembuatan Kapal di Kolono Terindikasi Dibeking Oknum

KONSEL, SUARAKENDARI.COM, LSM Forak mengindikasikan keterlibatan oknum yang bermain dalam pembuatan kapal di Kecamatan Kolono, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Hal tersebut dikatakan Kuasa Hukum LSM Forak, Andre Darmawan.

Menurutunya, telah terjadi aktivitas pembuatan kapal yang menyalahi aturan, dimana kayu untuk membuat kapal tersebut dari kayu ilegal dan tidak mempunyai izin, bukan hanya itu saja, aktivitas pembuatan kapal yang terjadi di Desa Batu Putih disekitar pantai itu sama sekali tidak memiliki amdal sehingga menyalahi aturan.

“Setelah LSM Forak ini melakukan investigasi di lapangan ditemukan pembuatan kapal di Kolono yang menggunakan bahan kayu ilegal dan tidak punya izin amdal, informasi yang didapatkan ini disertai pula dengan dokumentasi,” katanya.

Lanjutnya, pembuatan kapal yang dilakukan tersebut dicurigai untuk melayani pesanan dari luar negeri, namun sayangnya tidak punya izin dan kayu yang digunakan tersebut dicurigai pula berasal dari kawasan hutan yang dilindungi.

“Yang membuat kayu tersebut bukan masyarakat lokal sekitar, melainkan dari Bulukumba, mengapa orang jauh yang diambil dan pembuatannya di Kolono mungkin karena bahan baku kayunya diambil dari kawasn hutan lingung yang merupakan konservasi tanjung peropa,” ujarnya.

Pihaknya juga telah melaporkan hal tersebut kepada polda Sultra, Dinas Kehutanan dan BKSDA, namun sejauh ini belum ada respon.

“Memang dikawasan tersebut sudah dipolice line, namun kami lihat belum ada tindak lanjutnya lagi kalau kasus ini tidak diseriusi kami akan laporkan kepada pusat, karena bukti dan dokumentasi yang dimiliki ini lengkap, kami juga heran dengan pihak Kehutanan yang mengatakan bahwa dokumennya lengkap tapi tidak pernah diperlihatkan kepada kami,” ujarnya. (LINA)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top