Connect with us

Pembentukan Linmas Masih Diperdebatkan

Hukum & Kriminal

Pembentukan Linmas Masih Diperdebatkan

KENDARI,SUARAKENDARI.COM-Pelaksanakaan pemilu sudah didepan mata, namun hingga saat ini pembentukan Linmas sebagai salah satu unsur penyelenggara pemilu masih diperdebatkan. Pihak pemerintah yang tidak tahu tentang pembentukan Linmas, juga tidak diketahui pihak KPU.

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah, menuturkan bahwa pihaknya tidak mengatur terkait pembentukan Linmas. Pasalnya, pembentukan Linmas biasa diserahkan kepada pemerintah daerah, tapi kali ini agak berbeda.

“Kalau belajar dari pengalaman tahun lalu, Linmas yang bentuk itu pemerintah setempat, terkait honor dan anggaran untuk seragamnya juga dianggarkan, kalau dianggaran kami, tidak ada sama sekali, tapi sampai saat ini kami juga tidak tahu kenapa pemerintah belum membentuk Linmas,” katanya.

Ia juga menuturkan bahwa keberadaan Linmas dalam penyelenggaraan pemilu sangat penting, karena pihak kepolisian yang melakukan pengamanan juga tidak bisa diharapkan sepenuhnya.
“Sepengetahuan saya kalau pihak kepolisian yang melakukan pengamanan, tidak semua TPS ada, tapi kalau Linmas ada di semua TPS, makanya sangat perlu,” ujarnya.

Pihaknya hanya menyerahkan semua itu kepada pemerintah pusat dan KPU RI untuk segera menangani pembentukan Linmas demi suksesnya penyelenggaraan pemilu mendatang. (LINA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top