Connect with us

Pembentukan Kabupaten Kepulauan Kabaena Disuarakan

Uncategorized

Pembentukan Kabupaten Kepulauan Kabaena Disuarakan

BOMBANA,SUARAKENDARI.COM-Kominte Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bombana mendukung keinginan masyarakat Pulau kabaena untuk membentuk Daerah Otonomi Baru (DOB) alias pisah dari Kabupaten Induk, Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara.

Ketua KNPI Bombana Laode Rahmat Apiti menegaskan, keinginan masyarakat Kabaena layak diperjuangkan. Sebab kata dia, masyarakat Pulau Kabaena terkesan termarjinalkan dari segi pembangunan. Sementara kekayaan Sumber Daya Alamnya (SDA) sangat melimpah.

“Lihat saja sisi pembangunan infrastruktur disana. Daerah ini sangat terbelakang dibanding wilayah lain di Bombana. Padahal pulau ini sangat kaya akan SDA-nya,” sindir Rahmat.

Rentang kendali yang jauh dengan Rumbia Ibukota Kabupaten Bombana, kata Rahmat pembentukan kabupaten kepulau Kabaena bukan hal yang ditawar-tawar lagi.

“Tidak ada alasan lain, selain mendorong pembentukan Kabupaten Baru di Pulau itu. Letak geografis yang jauh dengan ibukota, membuat sentuhan pelayanan pembangunan kurang di sana. Banyangkan saja untuk jarak tempuh, harus merelahkan waktu sekitar 5 jam dilaut,” tuturnya

Rahmat membeberkan, sekitar 33 perusahan siap beroperasi di pulau yang terdiri dari enam wilayah kecamatan tersebut. ” Sumber daya manusia disana banyak yg mumpuni. Demikian pula kekayaan alam sungguh berlimpah. Disana,  ada emas, nikel, batu crom serta mineral lainnya. Tak cuma itu, potensi pertanian, perikanan hingga pariwisatanya sangat luar biasa,” pujinya.

Rahmat ingatkan agar Pemda Bombana baik eksekutif maupun legislatif segra merespon keinginan masyarakat yang sudah lama idamkan pemekaran.

“Saya ingatkan agar jangan ada gerak lain untuk menghalang-halangi pemekaran Kabaena. Pemda harus berada digarda depan guna muluskan kemauan masyarakat disana,” tukasnya

Bahkan Alumnus Universitas UGM Jogjakarta ini, ingatkan khusus bagi para anggota DPRD Bombana. ” Teman-teman di DPRD itu, punya dosa politik bila tidak memperjuangkan masalah ini hingga tuntas,” terangnya.

Sebab kata Rahmat, tidak sedikit para anggota legislatif  terpilih, usai “menjual” isu pemekaran untuk meraih simpati masyarakat. “Makanya saya ingatkan teman-teman di DPRD itu, jika harapan ini tidak lekas terwujud, maka akan jadi dosa politik bagi mereka,” tukasnya. (DAR)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top