Connect with us

Pelabuhan Lapuko Nasibmu Kini

Uncategorized

Pelabuhan Lapuko Nasibmu Kini

KONSEL, SUARAKENDARI.COM-Meski tak sempat digunakan Pelabuhan Lapuko pernah jadi primadona masyarakat  Konawe Selatan. Betapa tidak di era pemerintah Gubernur Drs H Kaimoeddin, pelabuhan ini diproyeksikan akan menjadi pelabuhan terbesar, dan jika saja terjadi Konawe Selatan mendapat imbas ekonomi yang cukup besar kala itu. Sayang semua itu hanya menjadi  angan-angan belaka, yang berujung pada  hilangnya dana besar daerah yang digunakan membangun pelabuhan sebesar itu.

Pembangunan pelabuhan lapuko memang bukan asal direncanakan dan dibuat begitu saja, melainkan telah melalui survey kelayakan dari  kementrian terkait seperti kementrian perhubungan dan kementrian pekerjaan umum ketika itu, baik soal kelayakan infrastruktur maupun soal potensi ekonomi kelak, tak hanya itu kedalaman laut teluk lapuko diharapkan bisa disandari kapal-kapal bertonase raksasa. Kesan mubasir memang wajar dialamatkan ke pelabuhan lapuko, betapa tidak, sejak dibangun lima belas tahun silam hingga kini sama sekali belum digunakan.

Di awal pemerintahannya, Gubernur Nur Alam pernah  menjanjikan akan memanfaatkan pelabuhan ini untuk kegiatan bongkar muat, tapi hingga kini janji tersebut urung dilaksanakan. Alih-alih melaksanakan, justeru pemerintah membangun pelabuhan baru di kawasan daerah pesisir bungkutoko, Kota Kendari.

Sejumlah warga pun menyayangkan sikap pemerintah yang terkesan tidak peduli lagi dengan nasib pelabuhan yang pembangunannya menyerap dana miliaran rupiah itu. “Mestinya pemerintah daerah segera memilikirkan pemanfaatan pelabuhan bungkoto tersebut agar pembangunan tidak terkesan mubasir. Lagi pula jika pelabuhan diaktifkan ekonomi di daerah Lapuko Moramo bisa tergenjot dan bisa menopang kesejahteraan rakyat,”kata Ramli tokoh masyarakat Lapuko.

Belakangan terbetik kabar jika pelabuhan lapuko akan segera dipihak ketigakan kepada sebuah perusahaan semen. Namun hingga kini belum ada tanda-tanda akan digunakan.

Saat berkunjung di pelabuhan Lapuko, tampak kondisi pelabuhan mulai mengalami kerusakan, terutama pada bagian pondasi serta lantai pelabuhan. Beberapa warga memanfaatkan pelabuhan untuk memancing  karena pelabuhan dikenal memiliki spot pemancingan yang bagus dan perairannya yang dalam menyimpan banyak ikan. Sebuah bangunan di  sisi timur masih nampak, meski bagian bangunannya sudah mulai rusak. Demikian pula areal parkiran pelabuhan seluas tiga hektar yang kini telah ditumbuhi rumput liar dan sebagian lantai telah berlubang. Sungguh sayang jika pelabuhan lapuko dibiarkan terbengkalai, butuh perhatian dana untuk membangunnya ulang. TIM

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top