Connect with us

Pelabuhan Kontainer Kolaka Mampu Menampung Ribuan Konteiner

Kolaka Membangun

Pelabuhan Kontainer Kolaka Mampu Menampung Ribuan Konteiner

KOLAKA,SUARAKENDARI.COM- Kepala Syabandar Kolaka, Sulawesi Tenggara, Abdullah menjelaskan bahwa pelabuhan Konteiner di Kolaka yang segera akan beroperasi adalah pelabuhan konteiner terbesar di Sulawesi Tenggara. Hal ini dijelaskan saat pemaparan didepan Bupati Kolaka beserta jajarannya serta puluhan pengusaha lokal dan nasional di Kolaka.

Menurutnya, lahan bongkar muat yang telah disediakan di pelabuhan samudra Kolaka dua kali lebih besar dengan lokasi bongkar muat pelabuhan kontener yang ada di Kota Kendari. “Yang kita miliki ini jauh lebih besar dari apa yang ada di Kendari. Ini bisa menampung ribuan box kontener. Makanya kami tidak ragu kalau dari segi daya tampung. Bahkan panjang pelabuhan kami juga sudah memadai,” tegasnya, Rabu (16/07/2014).

Dia nemanbahkan dengan adanya pelabuhan kontener di Kolaka maka akan memudahkan sejumlah hal dalam pendistribusian barang yang. “Masalahnya selama ini barang dari Surabaya itu dikirim ke pelabuhan konteiner yang ada di Kendari. Padahal kan jalurnya itu Kolaka dilewati. Makanya jika sudah beroperasi di Kolaka akan menghemat waktu dan biaya,” tambahnya.

Ditempat yang sama, pemilik perushaan kontener yang berencana beroperasi di Kolaka bernama mengtakan dengan kondisi Kolaka hari ini maka pertumbuhan ekonomi semakin kuat di Kolaka. Pihaknya juga tidak menutup ruang untuk bekerjasama dengan pengusaha lokal. Namun dia menegaskan saat ini dari segi areal Kolaka lebih besar jika dibandingkan dengan pelabuhan kontener lain yang ada di Sulawesi Tenggara.

“Biasanya kami lihat perputaran ekonomi disuatu daerah itu dari pelabuhannya. Kalau banyak kapal yang masuk itu tandanya ekonomi tlengah berkembang. Jadi itu gambaran yang bisa kita ukur disuatu daerah. Di Kolaka ini cocok sekali makanya kami sepakat dan akan melanjutkan rencana ini. Semoga dalam waktu dekat bisa terlaksana,” kata Arif Hidayat.

Arif Hidayat juga menjelaskan bahwa nantinya distribusi barang dari Surabay dan Kolaka tergantung volume kebutuhan dari pengusaha yang ada di Kolaka. Tapi biasanya untuk awalan pihaknya akan menyediakan satu kali dalam sepekan. “Akan terus berkembang volume pengirimannya. Dan bukan hanya rute Kolaka dan Surbaya saja, daerah lain dan luar negeri bisa kita buat rutenya, selagi ada rute Meratus,” tutupnya. ABDI

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kolaka Membangun

To Top