PEKAT Hadir di Sultra, Siap Bantu Masyarakat

SUARAKENDARI.COM, Pembela Kesatuan Tanah Air (PEKAT) Indonesia Bersatu yang merupakan organisasi kemasyarakatan saat ini telah terbentuk di Sulawesi Tenggara (Sultra). Laode Alhadist Halami, Ketua DPW PEKAT Sultra, mengatakan bahwa setelah diselenggarakannya Munas di Bali pada tahun 2014 lalu, PEKAT juga sudah mulai terbentuk di seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

Ia menjelaskan bahwa kehadiran PEKAT di Sultra yakni bertujuan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang berupa pengaduan dalam bentuk hukum dan sosial kemasyarakatan lainnya.

“Kami hadir ditengah-tengah masyarakat untuk memberikan bantuan tanpa pamrih atau gratis, sehingga semua masyarakat tidak perlu khawatir jika ada yang merasa terintimidasi, bisa langsung mengadukan kepada kami,” jelasnya, Selasa (27/10/2015).

Ditegaskannya pula bahwa kehadiran PEKAT di Sultra yang bertepatan dengan momentum Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober, ingin membuktikan jika masih ada sebuah organisasi yang peduli akan permasalahan masyarakat.

Beberapa pendiri PEKAT seperti Nanan Soekarna dan Budi Gunawan tentunya merupakan orang-orang yang tidak perlu diragukan lagi. Organisasi PEKAT ini sendiri merupakan organisasi masyarakat independen yang non partai, sehingga tidak akan terlibat dengan secara langsung dengan partai politik.

“Organisasi kami ini independen, jika ada pengaduan terkait masalah hukum yang masuk kepada kami, akan kami tindak lanjuti sendiri karena kami punya lembaga hukum sendiri jadi tidak akan tergantung dengan lembaga lain,” ujarnya.

Sebagai salah satu bukti nyata kehadiran PEKAT, pada Pilkada Serentak yang akan digelar di tujuh kabupaten yang ada di Sultra, PEKAT juga akan turun langsung melakukan pengawasan, agar tidak terjadi kecurangan politik pada calon-calon tertentu.

Ia berharap dengan kehadiran PEKAT di Sultra bisa memberikan rasa aman kepada masyarakat, utamanya bagi mereka yang ingin mengadukan masalah hukum atau sosial kemasyarakatan lainnya.

Terkait kepengurusan PEKAT sendiri, ia sudah melakukan koordinasi kepada 16 kabupaten/kota yang ada di Sultra untuk segera dibentuk, sehingga pada akhir November 2015 mendatang, kepengurusan PEKAT di semua kabupaten/kota yang ada di Sultra bisa segera dikukuhkan. (LINA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *