Connect with us

Pedagang Minta Pasar Sentral Kota Digratiskan

Metro

Pedagang Minta Pasar Sentral Kota Digratiskan

 

KENDARI, SUARAKENDARI.COM-Puluhan pedagang Pasar Sentral Kota Kendari mendatangi Kantor Walikota Kendari meminta kepada pemerintah untuk menggratiskan bangunan pasar yang telah dibangun sejak tahun 2010.

Pedagang yang dipimpin oleh Ruslan Saleh, menuturkan bahwa tidak seharusnya pemerintah memberikan biaya terhadap lods yang baru saja dibangun karena pedagang tersebut hanya ingin berjualan dengan subsidi yang telah diberikan pemerintah.

“Pasar ini sudah dibangun sejak tahun 2010 lalu menggunakan dana APBD, kenapa sekarang pemerintah justru meminta kepada pedagang untuk membayar bangunan sebesar lima juta per meter bagi yang bersubsidi dan non subsidi dikenakan biaya sebesar 25 juta per meter, ini bukan mengurangi beban masyarakat malah menambah,” teriaknya.

Pedagang menilai bahwa pemerintah melakukan permainan dengan memungut sejumlah bayaran harga lods yang dibebankan kepada masyarakat. Tidak hanya itu, pedagang juga menilai bahwa pemerintah melakukan permainan dengan membiarkan orang luar yang dengan seenaknya datang dan berjualan juga.

“Kami juga heran karena sekarang sudah ada pedagang yang dulu tidak kami kenal malah punya lods, itu pedagang dari mana, pasti ada permainan,” kata pedagang lainnya. Para pedagang juga menolak jika pemerintah akan segera melakukan peresmian Pasar Sentral Kota pada tanggal 1 Maret mendatang karena perlu ditinjau kembali pembangunan pasar tersebut yang terkesan megah tapi memberatkan pedagang.

“Untuk peresmian pasar yang kabarnya akan dilakukan pada tanggal 1 Maret, kami minta ditunda dulu karena kami belum siap untuk berjualan,” tukasnya.

Asisten II Setda Kota Kendari, Indra Muhammad, mengatakan bahwa apa yang diaspirasikan hari itu akan segera dikoordinasikan dengan Walikota Kendari.

“Saya tidak punya wewenang untuk memberikan kepastian kepada saudara-saudara yang hadir hari ini, yang jelas akan segera saya sampaikan kepada walikota, wakil walikota dan sekda karena hari ini ada tamu dari luar jadi tidak sempat untuk menemuai saudara semua, tapi akan saya sampaikan guna menemukan solusi terbaiknya,” katanya. (LINA)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top