PDIP Masih Tahap Penjaringan Calon Bupati

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hingga saat ini masih melakukan tahap penjaringan sebelum mengirimkan nama calon yang akan diusung dalam pilkada serentak di tujuh kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dikatakan Wakil Ketua PDIP Sultra Bidang Pemenangan Pemilu, Nursalam Lada, bahwa hingga saat ini pihaknya masih melakukan proses penjaringan, belum ada keputusan terkait nama-nama yang akan diusung.

“Proses penjaringan kami hingga saat ini masih terus berjalan, mungkin bentar malam kami akan melakukan rapat desk pilkada untuk persiapan pleno dalam memutuskan nama yang akan kami kirim ke DPP,” terangnya, Selasa (23/06/2015).

Dari tujuh kabupaten yang akan menyelenggarakan pilkada serentak, dua diantaranya mendapatkan perolehan kursi saat pilcaleg diatas 10 persen sehingga akan menjadi kewenangan pusat untuk menentukan calon yang diusung, sementara lima kabupaten lainnya mendapatkan perolehan dibawah 10 persen, sehingga diberikan kepada DPD Sultra untuk mengirimkan calonnya.

Dua kabupaten yang dimaksud adalah Kabupaten Wakatobi dan Konawe Utara, sementara lima kabupaten yang diserahkan kepada DPD PDIP Sultra antara lain, Muna, Konawe Selatan, Konawe Kepulauan, Kolaka Timur dan Buton Utara.

“Sudah ada keputusan partai kami, kalau perolehannya diatas sepuluh persen, maka DPP yang putuskan sehingga kami akan kirim tiga nama, sedangkan kalau dibawah 10 persen kami dari DPD Sultra yang tentukan sehingga hanya mengirim satu nama saja” jelasnya. (LINA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *