Connect with us

PAW Anggota Parlemen Partai Demokrat Ditolak KPUD Kolaka

Hukum & Kriminal

PAW Anggota Parlemen Partai Demokrat Ditolak KPUD Kolaka

 KOLAKA, SUARAKENDARI.COM- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kolaka, Sulawesai Tenggara menolak berkas usulan Pergantian Antar Waktu (PAW) yang diajukan oleh kader partai Demokrat bernama Rusman. Pasalnya dalam verikasi berkas tersebut, pihak KPUD Kolaka menemukan keganjalan administrasi. Yang dimana seharusnya surat PAW dikeluarkan oleh DPP Partai Demokrat, namun dalam hal ini surat PAW itu dikeluarkan oleh DPW Partai Demokrat Sultra.

 “Berkas administrasi PAW yang diajukan pak Rusman menggantikan Hasanudin Yusuf, setelah dilakukan verifikasi dalam rapat pleno komisioner KPU disimpulkan tak memenuhi syarat. Dan, berkas itu dikembalikan ke pihak sekertariat DPRD Kolaka. Usulan PAW yang seharusnya dalam AD/ART Partai Demokrat dikeluarkan oleh DPP Demokrat, namun dalam kasus ini hanya diterbitkan DPW Demokrat Sultra,” kata Sekertaris KPUD Kolaka, Idam Hendardi, Senin (10/02/2014).

 Dia menambahkan berdasarkan urutan perolehan suara internal Partai Demokrat pada Pilcaleg 2009, Dapil 1, Rusman berada diperingkat empat. Sedangkan, urutan perolehan suara terbanyak setelah Hasanudin Yusuf, diraih oleh Amir Armada dan  disusul Maklu. DS,  diperingkat ketiga.

 Menurut Idam, meski Rusman berada diperingkat empat, tapi sebenarnya punya peluang jadi PAW, apabila Amir Armada dan Maklu. DS  diputuskan oleh DPP Partai Demokrat  tidak layak sebagai PAW karena  alasan dipecat atau mengundurkan diri, dibuktikan dengan administrasi yang sah.

 “Kalai dilihat  berkas yang diajukan Rusman,  diketahui pemecatan Amir Armada dari anggota partai hanya diputuskan oleh DPW Demokrat Sultra. Sedangkan, Maklu. DS, dinyatakan telah mengundurkan diri namun surat pernyataannya hanya berupa foto copy tanpa materai. Karena itu, secara administrasi PAW Rusman dinyatakan belum memenuhi persyaratan,” tandas Idam lagi.

 Dengan kesalahan prosedur inilah nampaknya membuat impian Rusman untuk menyandang status sebagai anggota DPRD Kolaka nyaris pupus. Masih terkait PAW. Kini pihak KPUD juga sedang melakukan proses verifikasi ulang berkas PAW Sukman yang diusulkan bakal menggantikan Syarifuddin dari Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK).

 Menurut Idam,  verifikasi berkas PAW Sukman, mulanya  sempat dipersolkan oleh Syarifuddin, namun setelah berkasnya dilakukan perbaikan sesuai pemenuhan persyaratan, akhirnya dinyatakan lengkap untuk diterbitkan Surat Keputusan pelantikan dari Gubernur Sultra, Nur Alam. “Informasinya, SK Pelantikan Sukman sudah diterbitkan oleh Gubernur. Dan, kini tinggal menunggu agenda pelantikan dari pihak  sekertariat DPRD Kolaka,” tutupnya. ABDI

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top