Connect with us

Partisipasi Pemilih di Sultra Turun, Pemilih Berkualitas

Uncategorized

Partisipasi Pemilih di Sultra Turun, Pemilih Berkualitas

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Pemilihan Presiden (Pilpres) telah selesai dilakukan pada tanggal 9 Juli 2014 lalu, tentunya semua wajib pilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) ataupun tambahan telah menyalurkan haknya untuk memilih siapa calon pemimpin yang dipercayakan untuk memimpin Indonesia lima tahun mendatang.

Sayangnya, berbeda dengan Pemilihan Calon Anggota Legislatif (Pilcaleg) yang telah diselenggarakan pada 9 April 2014 lalu, partisipasi pemilih pada piplres kali ini mengalami penurunan. Hal tersebut dikatakan Ketua KPU Sultra, Hidayatullah, kepada sejumlah rekan media.

“Kalau kita melihat partisipasi pemilih kita tahun ini memang mengalami penurunan, jika pada pilcaleg yang lalu partisipasi pemilih kita sekitar 72 persen, namun pada pilpres kita kali ini mengalami penurunan sekitar 10 persen, tapi itu jauh lebih baik karena pemilih kita sudah semakin berkualitas,” terangnya.
Menurutnya, meksipun terjadi penurunan partisipasi pemilih namun hasilnya jauh lebih baik karena pada saat pilpres ini tidak ada mobilisasi massa ataupun transaksional yang dilakukan oleh wajib pilih untuk datang ke TPS guna memberikan hak pilihnya.

“Kita ketahui bersama pada saat pilcaleg mungkin ada keluarga, tetangga atau kerabat yang mencalonkan diri, sehingga para wajib pilih yang datang ke TPS mungkin alasannya karena faktor kedekatan, tapi untuk pilpres ini benar-benar pilihan berada di tangan masyarakat, sehingga masyarakat sendiri yang tentutkan pilihannya, meskipun turun tapi hasilnya jauh lebih baik,” ujarnya.

Dikatakannya pula bahwa hak suara yang diberikan oleh wajib pilih pada saat pilpres tanpa adanya tekanan, sehingga menghasilkan sebuah hasil dari proses penyelenggaraan yang jauh lebih berkualitas dibandingkan pilcaleg. (LINA)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top