Connect with us

Parpol Bandel, KPU Geram

Hukum & Kriminal

Parpol Bandel, KPU Geram

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wakatobi cukup geram dengan tindakan yang dilakukan oleh Partai Politik (Parpol) yang hingga saat ini belum menyerahkan laporan dana kampanye, padahal deadline waktu untuk menyerahkan laporan dana kampanye terseubut hanya sampai tanggal 2 Maret 2014 mendatang.

Ketua KPU Wakatobi, La Ode Suryono, mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada satupun parpol yang menyerahkan laporan dana kampanyenya.Padahal, pihaknya juga sudah beberapa kali melakukan sosialisasi untuk segera menyerahkan laporan tersebut.

“Saya juga heran sebenarnya masalah apa, kalau merasa kesulitan, kami juga menyediakan tenaga dikantor yang siap membantu parpol jika memang sulit untuk melakukan pengisian pada formulirnya,” katanya.

Ia juga merasa geram dengan apa yang dilakukan parpol yang memandang laporan dana kampanye tersebut tidak penting, padahal jika tidak menyerahkan laporan tersebut maka bisa didiskualifikasi dari peserta pemilu.

“Pokoknya saya tidak ingin main-main, kalau tidak menyerahkan sampai deadline waktu yang ditentukan, maka kami tidak ikutkan sebegai peserta pemilu karena itu sudah berdasarkan aturan dari pusat,” tegasnya.

Ditegaskannya, yang berhubungan dengan aturan tidak memandang hubungan kekerabatan karena sebagai penyelenggara pemilu juga KPU memiliki tanggung jawab terhadap suksesnya pemilu.

“Aturan itu tidak bisa ditawar-tawar, makanya saya tegaskan jika tidak diserahkan sampai tanggal 2 Maret, didiskualifikasi saja tidak ada lagi toleransi, karena aturan harus dijalankan,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Kendari, Ade Suerani, yang selama ini parpol hanya melakukan konsultasi saja, tapi belum menyerahkan laporan dana kampanyenya.

Beberapa parpol yang intens melakukan konsultasi antara lain, Golkar, PAN, PPP dan Partai Hanura, sementara parpol yang sama sekali tidak melakukan konsultasi yakni Partai Gerindra.

Ade juga menyadari bahwa jika sampai saat ini belum ada yang menyerahkan laporan dana kampanye, maka pada deadline waktunya nanti akan banyak partai yang datang untuk menyerahkan laporannya.

“Kami disini sudah siap untuk menerima laporan dana kampanye dari parpol, tapi jika kedepannya masih ada yang kurang lengkap maka nanti akan kami kembalikan lagi dan kami anggap tidak menyerahkan laporannya artinya partai tersebut didiskualifikasi,” tegasnya. (LINA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top