Parah, Jumlah Perokok di Indonesia Peringkat Ketiga di Dunia

0

SUARAKENDARI.COM-Secara mengejutkan Indonesia menduduki peringkat ketiga untuk jumlah perokok terbesar dari jumlah perokok dunia dan nomor satu di Asean yakni 4,8%,setelah Cina 30% dan India 11,2 %. Data Global Adult Tobacco Survey atau GATS tahun 2011 menunjukkan bahwa prevalensi merokok di Indonesia adalah sebesar 36,1 % (67,4% laki-laki dan 4,5% perempuan).

Selain itu kebiasaan merokok di indonesia naik 7 kali lipat dari 33 milyar batang menjadi 240 milyar batang dengan tingkat konsumsi 240 milyar batang/tahun sama dengab 658 juta batang rokok per hari,atau sama dengan senilai uang Rp 330 milyar di bakar oleh para perokok di indonesia setiap hari.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Sultra,drg Heny Triviani M.Kes saat  membuka workshop jurnalis tentang masalah rokok mengatakan berdasarkan data dari WHO tahun 2008 menunjukkan angka 65 % perokok dunia berada di 10 negara dengan kontribusi terbesar adalah Cina,India,Indonesia,Rusia dan USA,sisanya di 5 negara lain seperti Jepang,Brasil,Banglades,Jerman dan Turki.

Dengan prevalensi merokok yang terus meningkat, tentu perlu dicermati dengan seksama dan merupakan tanggung jawab semua untuk mengendalikannya. “Peranan media sangat di butuhkan untuk mempromosikan bahaya bagi kesehatan dari akibat merokok dan dampaknya dari sisi ekonomi serta sosial di masyarakat,”kata ,drg Heny Triviani M.Kes saat  membuka kegiatan workshop .

Kegiatan workshop kepada jurnalis dari berbagai media di kota kendari tentang masalah rokok bertujuan untuk meningkatkan kerjasama lintas sektor,khususnya dengan media massa untuk bersama-sama mengendalikan kebiasaan merokok dan dampak dari rokok.YJ

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.