Connect with us

Panwaslu Serahkan Tiga Kasus Pidana Pemilu ke Polisi

Uncategorized

Panwaslu Serahkan Tiga Kasus Pidana Pemilu ke Polisi

RAHA,SUARAKENDARI.com- Setelah melalui berbagai tahapan  pemeriksaan terhadap pihak-pihak yang diduga melakukan tindak pidana pemilu, .Panwaslu Kabupaten Muna akhirnya merekomendasikan tiga kasus dugaan pelanggaran pidana pemilu yang dilaporkan pasca pemungutan suara,9 April lalu kepada  kepolisian.

Kepada Sejumlah Media di Raha ,Ketua Panwaslu Muna,Lumban Gaol menyebutkan,ada tiga kasus dugaan pelanggaran pidana pemilu yang telah rekomendasikan ke kepolisian. Kasus pertama adalah pencoblosan dua kali yang dilakukan oleh oknum penjual bakso di Kota Raha,Sutini.

Kata Lumban Gaol Sutini diketahui mencoblos  dua kali dengan menggunakan formulir C6 milik orang lain di  TPS berbeda di Kelurahan Butung-butung. “Tersangkanya (Sutini) sampai sekarang belum diketemukan. Tapi kami telah bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk mencari dan memata-matainya,”terang Lumban.

Kasus pelanggaran pemilu lainnya adalah  KPPS 1 dan 2 di Desa Kawite-wite Kecamatan Kabawo. Ketua KPPS di Desa Kawite witw ini tidak menyerahkan formulir C dan C1 kepada saksi,panwas dan petugas ppl.  Kasus serupa juga terjadi di TPS 1 Desa Lakarama Kecamatan Towea,dimana Ketua KPPS 1,La Ode Sosilo tak menyerahkan formulir C dan C1 kepada saksi dan pengawas pemilu.

Menurut Lumban,kasus tersebut jelas melanggar peraturan perundang-undangan sebagaimana termuat dalam UU No 8 tahun 2012 tentang pemilu yaitu ,penyelenggara pemilu wajib memberikan satu rangkap formulir C dan formulir C1 kepada saksi,pengawas pemilu dan ppl.

Formulir C kata Lumban,memuat berita acara pemungutan dan perhitungan suara dan C1,memuat sertifikat perhitungan suara di TPS.

Konsekuensi  pelanggaran yang dilakukan para  KPPS ini adalah UU  No 8 tahun 2012 tentang pemilu, pasal 182 ayat (2) bahwa setiap anggota kpps yang dengan sengaja tidak memberikan satu eksamplar (rangkap) formulir C dan C1,dipidana paling lama satu tahun penjara denda 12 juta. (TRI )

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top