Panwas Konsel Copot Alat Peraga Kampanye Pasangan Calon

Suarakendari.com – Panwaslu Kabupaten Konawe Selatan, sedikit mulai menunjukkan taringnya. Dengan berkoordinasi bersama KPU Konsel, Polres Konawe Selatan, mereka melakukan penyisiran dari perbatasan antara Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan hingga Bandara Haluoleo Kendari untuk mencopot Alat Peraga Kampanye yang tidak sepantasnya terpajang di area publik. APK yang ditertibkan ini, memang bukan bersumber dari KPUD Konsel melainkan dari pasangan calon.

“Ini kesepakatan bersama. APK yang tidak disiapkan oleh KPU atau APK yang dipasang sendiri oleh pasangan calon akan ditertibkan. Hasilnya, ada dua buah baliho besar yang ditertibkan dan selebihnya baliho-baliho berukuran kecil,” jelas Ketua Panwaslu Konsel, Hajaruddin, saat dikonfirmasi via selulernya, Jumat (18/9).

Berdasarkan PKPU Nomor 7/2015 tentang kampanye, penertiban ini semestinya dilakukan oleh Polisi Pamong Praja. Namun kenyataannya, pihak Pemda tidak memberikan respon yang positif dengan menurunkan Satpol PP, untuk ikut melakukan penertiban APK ini.

“Padahal dalam PKPU nomor 7/2015 diatur bahwa penertiban ini dilakukan oleh Pol PP. Tapi, mereka tidak turut serta,” terangnya.

[Baca Juga : Tuntut Gaji 3 Bulan, Anggota PPK dan PPS Serbu KPU]

Penertiban APK ini tidak semata-mata langsung begitu saja dilakukan. Namun, Hajaruddin mengatakan, Panwas telah bersurat dan atas persetujuan KPU Konsel yang dilangsungkan ke pasangan calon agar APK yang mereka siapkan sendiri dicopot. Namun, hingga dua kali bersurat dan secara tertulis lagi langsung ke pasangan calonnya, hal itu tidak dilakukan.

“Makanya, setelah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, hari ini (Jumat,18/9), dilakukan penertiban yang berakhir sampai pukul 11.00 Wita,” katanya. Penertiban APK ini, dilakukan Jumat (18/9), disekitaran perbatasan antara Kota Kendari dengan Kabupaten Konawe Selatan dan berakhir di Bandara Haluoleo Kendari, dan melibatkan PPK dan PPS, Panwascam dan PPL, serta petugas Kepolisian. (Arn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *